6 Cara Membuat Kolom Koran Microsoft Word

Cara Membuat Kolom Koran Microsoft Word – Microsoft Word sudah biasa kita gunakan sehari-harinya untuk mengetik berbagai dokumen.

Bahkan bisa dikatakan bahwa Microsoft Word ini tidak bisa lepas dari pelajar, mahasiswa, ataupun orang-orang yang bekerja pada bidang tertentu.

Fungsinya yang begitu penting membuat pengoperasian Microsoft Word sudah akrab dengan kita, apalagi Microsoft Word ini tidak sulit untuk digunakan.

Tutorial kali ini adalah cara membuat kolom koran Microsoft Word.

Memang cara untuk membuat kolom koran ini sangat mudah untuk diterapkan, namun bagi pengguna baru Microsoft Word bisa saja belum mengetahui bagaimana caranya.

Fungsi Microsoft Word

Sebelum kita ke pembahasan utama yaitu bagaimana cara membuat kolom koran Microsoft Wordmaka terlebih dahulu kita akan mengetahui apa saja fungsi dari salah satu aplikasi Microsoft Office ini, simak hingga selesai.

Ada beragam fungsi dari Microsoft Word, antara lain sebagai berikut:

4 Fungsi Microsoft Word Secara Umum

Secara umum, fungsi dari Microsoft Word antara lain sebagai berikut:

1. Membuat Dokumen dan Editing Dokumen

Fungsi yang pertama ini memang sudah banyak diketahui oleh pengguna Microsoft Word ya.

Microsoft Word sendiri merupakan aplikasi pengolahan data dan dokumen jadi pastinya untuk pembuatan dokumen dan juga pengeditan dokumen bisa dengan mudah dilakukan di Microsoft Word ini.

Ketika menggunakannya Anda dapat mengetik kata dengan jumlah yang begitu banyak, kalimat, paragraf dan dokumen tanpa adanya batasan.

Jika ada yang salah pada saat pembuatan dokumen, maka Anda hanya perlu tekan tombol Backspace di keyboard PC atau laptop.

Anda bisa melakukan editing dokumen seperti memperbaiki ejaan kata, tata bahasa yang baik dan benar, memasukkan picture atau gambar pendukung, dan lain sebagainya.

Microsoft Word tidak hanya bisa Anda akses di PC atau laptop saja, karena sekarang ini sudah ada aplikasi Microsoft Word di Android atau iOS sehingga Anda bisa mengaksesnya juga di ponsel dengan sistem operasi (OS) tersebut.

2. Format dan Menyimpan File/Dokumen

Fungsi yang kedua dari pembahasan cara membuat kolom koran Microsoft Word adalah dapat melakukan format dan menyimpan file/dokumen.

Microsoft Word memiliki banyak fitur yang bisa Anda manfaatkan seperti melakukan format pada teks atau dokumen, membuat huruf miring, tebal, huruf besar, atau bahkan underline (garis bawah).

Ada juga format untuk membuat footer, header, pemberian nomor di halaman bisa dengan mudah dilakukan.

Microsoft Word juga terprogram dengan baik untuk bisa menyimpan berbagam dokumen ke hard drive PC atau laptop, sehingga pengaksesan pun nantinya bisa lebih mudah.

3. Mencetak/Print Dokumen

Ada berbagai dokumen yang harus dicetak seperti surat, laporan skripsi, artikel, dan lain sebagainya bisa Anda gunakan Microsoft Word.

Tidak hanya itu, Microsoft Word juga telah menyediakan berbagai opsi yang bisa Anda pilih untuk bisa mencetak doumen-dokumen penting yang dibutuhkan.

Dokumen pekerjaan atau tugas sekolah juga akan lebih mudah dicetak menggunakan program ini.

Opsinya seperti jumlah dokumen yang ingin dicetak, halaman berapa saja dokumen yang ingin dicetak, memilih mana printer yang digunakan, dan lain sebagainya.

Baca Juga : Cara Mengubah Teks ke Huruf Besar atau Kecil Microsoft Word

4. Sebagai Alat Kolaborasi

Dan fungsi yang terakhir adalah Microsoft Word sebagai alat kolaborasi, hal ini dikarenakan fitur canggih yang ada di Microsoft 365.

Dengan memanfaatkan Microsoft 365 Wordataupun Microsoft Word Online Anda dan rekan kerja bisa berkolaborasi mengerjakan dokumen dengan real-time, tentunya fungsi ini sangatlah penting ya.

Program tersebut termasuk ke cloud base application sehingga memungkinkan para penggunanya untuk membuat, menyimpan, dan share (membagikan) dokumen secara langsung dengan pengguna lainnya.

Cara Membuat Kolom Koran Microsoft Word

Kini kita sudah masuk ke pembahasan utama yaitu cara membuat kolom koran Microsoft Word.

Perlu diketahui bahwa cara membuat kolom koran Microsoft Word sangatlah mudah, hanya dengan satu kali percobaan saja dijamin Anda sudah bisa lancar dan mengingatnya.

Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Langkah pertama tentunya Anda harus membuka aplikasi Microsoft Word terlebih dahulu.
    Cara Membuat Kolom Koran Microsoft Word
  2. Silakan ketik berbagai teks atau paragraf yang Anda inginkan, jika sudah selesai maka blok atau sorot teks yang Anda ingin dibuat kolom koran.
  3. Pada deretan menu bagian atas Microsoft Word klik menu Page Layout dan klik Columns, ada berbagai kolom yang bisa Anda pilih salah satunya ya.
  4. Jika Anda memilih More Columns maka kotak dialog pun nantinya akan muncul.
  5. Pada bagian Presets: bisa digunakan untuk menentukan model kolom apa yang Anda inginkan, Width and Spacing: mengatur ukuran lebar dan juga jarak dari kolom, dan Number of Column: yang bisa digunakan untuk menentukan jumlah kolom yang Anda inginkan.
  6. Dan langkah terakhir dalam cara membuat kolom koran Microsoft Word adalah klik OK, kini kolom koran pun sudah berhasil dibuat.

Fungsi Columns Microsoft Word

Columns di Microsoft Word memiliki fungsi sebagai pembagi tulisan yang ada di page dokumen Microsoft Word.

Tampilan awal kolom pada Microsoft Word hanyalah satu, namun dengan kolom koran ini tampilan tulisan bisa terbagi menjadi beberapa bagian dalam satu page/halaman.

Mengapa disebut kolom koran? Sama halnya seperti berita yang dibuat di majalah atau koran yang mana berita akan ditulis menjadi beberapa bagian ya.

Baca Juga : 2 Cara Menggabungkan Banyak Dokumen Word Menjadi Satu Dokumen

Kesimpulan

Kini Anda telah mengetahui cara membuat kolom koran pada Microsoft Word yang pastinya mudah untuk diterapkan.

Fungsi dari aplikasi Microsoft Word memang sangat beragam, salah satunya bisa membuat kolom koran dengan mudahnya.

Dengan membuat kolom koran di Microsoft Word maka Anda bisa menulis berbagai kabar terkini/berita dengan mudahnya.

Demikian penjelasan mengenai cara membuat kolom koran Microsoft Word, selamat mencoba!

Tinggalkan komentar