Apa itu Digital Signage? Penjelasan Terbaru 2022

Apa itu Digital Signage? Penjelasan Terbaru 2022 – Pandemi Covid-19 yang melanda dunia memang membuat hampir sebagian besar aktivitas kita menjadi terbatas.

Namun selain itu apakah Anda mengetahui dampak lain dari adanya Covid-19? Ya, angka pengangguran yang meningkat di sejumlah negara, tak terkecuali Indonesia.

Banyak karyawan yang di-PHK untuk mengurangi pengeluaran berlebih perusahaan yang merugi atau bahkan gulung tikar.

Tak sedikit dari mantan karyawan tersebut yang membuka usaha di berbagai bidang, bahkan ada juga yang membuka usaha dengan memanfaatkan Digital Signage.

Apa itu Digital Signage? Mungkin Anda masih asing dengan istilah Digital Signage ini, untuk mengetahuinya maka bisa menyimak pembahasan ini hingga usai.

Apa itu Digital Signage?

Digital Signage ini memang sedang banyak yang meminatinya, namun mungkin bagi Anda yang baru ingin memulai bisnis belum terlalu mengetahui apa itu Digital Signage, jenis-jenisnya, apa saja keuntungannya, kegunaan, dan juga sistem kerjanya.

Jadi Digital Signage sendiri merupakan suatu bentuk dari penyampaian informasi dengan menggunakan media display elektronik yang pastinya menarik dan secara dinamis.

Digital Signage memanfaatkan teknologi LCD, LED, dan juga plasma sehingga bisa menyampaikan informasi baik satu arah ataupun dua arah dengan menggunakan dukungan interaktif.

Dalam bahasa Indonesia Digital sendiri bisa diartikan sebagai bentuk teknologi, sedangkan Signage adalah papan informasi.

Dari kedua kata tersebut maka bisa kita simpulkan bahwa Digital Signage adalah papan informasi atau papan teknologi dalam bentuk digital.

Dengan adanya papan teknologi digital ini maka berbagai jenis konten visual pun bisa ditampilkan, mulai dari konten video, gambar, dan lain sebagainya.

Apa Saja Jenis-jenis Digital Signage?

Apa itu Digital Signage

Digital Signage tidak hanya mempunyai satu jenis saja, melainkan ada beberapa macam.

Setelah membahas mengenai apa itu Digital Signage di pembahasan sebelumnya, kini kita akan mengetahui apa saja jenis-jenis dari Digital Signage ini.

Jika Anda ingin mengiklankan suatu produk maka penggunaan teknologi Digital Signage memang sangat penting.

Ada dua jenis screen (layar) yaitu LCD dan LED Videotron, walaupun memiliki cukup banyak kesamaan namun kedua jenis ini juga memiliki perbedaan yang cukup mencolok.

Yang mana untuk screen LCD sendiri memang memiliki ukuran pixel yang lebih kecil, sehingga LCD lebih cocok digunakan pada monitor laptop ataupun PC.

Sedangkan LED screen ukuran pixel-nya jauh lebih besar dibanding LCD, bahkan bisa disesuaikan dengan keinginan kita.

LED screen lebih banyak digunakan untuk layar TV dan lain sebagainya.

Baca Juga : Apa Itu Telkomsel Klop? Syarat dan Cara Daftarnya

Kegunaan Digital Signage

Tentunya Digital Signage ini memiliki kegunaan yang sangat penting, hal tersebut juga tidak terlepas dari beragam fitur yang dimilikinya.

Dengan adanya fitur-fitur tersebut maka kegunan dari Digital Signage juga lebih sempurna.

Ada beberapa kegunaan dari Digital Signage, antara lain sebagai berikut:

1. Scheduling Content

Pengaturan jadwal atau scheduling content bisa lebih mudah dilakukan dengan Digital Signage.

Dalam hal tersebut, biasanya pada bagian printing signage hanya bisa menggunakan satu jenis gambar saja sehingga berbeda dengan penggunaan teknologi yang satu ini ya.

Digital Signage bisa menjadwalkan dengan lebih mudah kapan gambar atau video bisa ditampilkan, bahkan Anda juga bisa mengatur kapan waktu tampilan, mulai dari tanggal, hari, bulan, dan tahun.

2. Setting Layout Screen

Anda bisa menampilkan beberapa konten secara sekaligus hanya dengan satu layar saja dengan melakukan kustomisasi layout.

Dengan pembagian tersebut pastinya Anda bisa menentukan layout sesuai keinginan, bahkan Digital Signage juga bisa menjadi media iklan yang sangat multifungsi sehingga lebih memudahkan para pengguna Digital Signage.

3. Pembuatan Content Playlist

Pembuatan content playlist artinya mengkategorikan konten sehingga bisa disesuaikan dengan jenisnya masing-masing atau bisa disesuaikan dengan keinginan Anda.

4. Penyediaan Widget Menarik

Digital Signage menyediakan widget menarik dengan bentuk widget time, bahkan ada juga widget tanggal dan widget cuaca.

Sedangkan untuk widget sosial media maka sudah tersedia tautan berbagai media sosial seperti YouTube, Twitter, Facebook, Instagram, dan lain sebagainya.

5. Dukungan HTML5

Dan kegunaan yang terakhir adalah dukungan HTML5 sehingga bisa memudahkan kita dalam menautkan URL suatu website yang diinginkan sehingga konten yang didapatkan juga akan lebih bagus.

Keuntungan Menggunakan Digital Signage

Di pembahasan apa itu Digital Signage Kita kita juga akan mengetahui apa saja keuntungan jika menggunakan Digital Signage ini.

Karena sekarang sudah cukup banyak yang menggunakan Digital Signage maka kita juga harus mengetahui apa saja keuntungannya, simak penjelasannya di bawah ini:

1. Tampilan Menarik

Tampilan konten akan lebih menarik karena bisa menghasilkan gambar bergerak, berbeda dengan gambar printing sebagai media promosi yang memang tidak bisa bergerak.

Hal ini tak terlepas dari papan informasi berbasis digital yang memang tidak hanya bisa menampilkan gambar saja.

2. Update Bisa Dilakukan Kapan Saja

Digital Signage bisa dikendalikan dengan jarak jauh sehingga untuk update-nya Anda tidak perlu melakukan pembongkaran.

Update bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja sehingga sangat cocok untuk Anda yang sibuk ataupun banyak aktivitas.

3. Pendistribusian Konten yang Lebih Mudah

Keuntungan lainnya adalah pendistribusian konten akan jadi lebih mudah karena sistem pengendalian bisa dilakukan dari jarak jauh.

Terdapat bagian dashboard pada Digital Signage sehingga kontrol layar bisa dilakukan kapan saja.

Screen bisa dibagi menjadi beberapa bagian sehingga penggunaannya akan jauh lebih efektif.

4. Tingkatkan Brand Image

Harga untuk menggunakan Digital Signage memang cukup tinggi ya, jadi tidak heran hanya sebagian instansi saja yang bisa menggunakan Digital Signage ini.

Maka dari itulah jika suatu instansi menggunakan Digital Signage maka bisa meningkatkan brand image dan bahkan hasil yang didapatkan bisa lebih maksimal.

Sistem kerja Digital Signage

Dan di pembahasan terakhir yaitu mengenai sistem kerja dari Digital Signage.

Ada dua sistem kerja yang dimiliki oleh Digital Signage ini antara lain:

1. Cara Tradisional

Sebagian besar masyarakat Indonesia masih banyak yang menggunakannya, yaitu dengan menyambungkan dan mencabut USB.

2. Cara Modern

Sedangkan untuk cara modern dapat dilakukan dengan CMS sehingga pengendalian dapat dilakukan secara otomatis dan dari jarak yang jauh sekalipun.

Baca Juga : Cara Scan Epson L3110

Kesimpulan

Kini Anda sudah lebih jauh mengetahui apa itu Digital Signage Semoga informasi ini bermanfaat ya.

Tinggalkan komentar