Cara Cek Bansos BPNT Secara Online dan Gratis 2022

Cara Cek Bansos BPNT Secara Online dan Gratis 2022 – Ada berbagai bantuan sosial (bansos) yang diberikan oleh pemerintah untuk masayarakat kurang mampu.

Salah satu bansos tersebut adalah BPNT, sebenarnya bantuan ini telah ada sejak beberapa tahun lalu yang awalnya dinamai dengan Program Raskin, namun pada tahun 2016 akhirnya digunakanlah metode kartu elektronik.

Sebenarnya BPNT sendiri adalah singkatan dari Bantuan Pangan Non Tunai yang menggunakan kartu elektronik untuk menyalurkan bantuan subsidi non tunai melalui sistem perbankan.

Tentunya dengan bansos yang diadakan pemerintah ini dibuat untuk membantu masyarakat kurang mampu dan menanggulangi kemiskinan.

Bagaimanakah cara cek bansos BPNT secara online? Anda bisa mengetahuinya lewat pembahasan kali ini.

Berapa Besaran Bantuan BPNT?

Sebelum ke pembahasan utama mengenai cara cek bansos BPNT secara online maka terlebih dahulu Anda perlu mengetahui besaran dari bantuan BPNT ini.

Secara umumnya untuk BPNT ini berupa sembako yang akan diberikan setiap bulannya oleh pemerintah kepada KPM dengan nominal jumlah Rp 200.000 atau Rp 2,4 juta per tahunnya.

Perlu diketahui bahwa bansos ini berbeda dari bansos PKH dan BST, karena bantuan pangan sebesar Rp200.000 ini tidak dapat ditarik tunai jadi hanya bisa dicairkan dalam bentuk sembako seperti buah, daging ayam, beras, telur, gula, minyak, dan lain sebagainya.

Sedangkan untuk tahun 2022 ini pemerintah memberikan bansos tambahan melalui BPNT dengan adanya program top up Kartu Sembako.

Jumlah tambahan yang diberikan sebesar Rp300.000, tambahan tersebut adalah relokasi dana perlindungan sosial dan disalurkan tiga kali.

Baca Juga : Cara Cek BLT Dana Desa Online Bantuan 900rb

Bagaimana Cara Cek Bansos BPNT Secara Online?

Cara Cek Bansos BPNT Secara Online dan Gratis 2022

Kini kita akan mengetahui bagaimana cara cek bansos BPNT secara online dengan perangkat smartphone yang dimiliki.

Untuk mengeceknya silakan terapkan langkah-langkah berikut:

  1. Kunjungi laman https://cekbansos.kemensos.go.id., dan jendela mengenai lokasi pun akan tertera, masukkan data sesuai dengan domisili Anda.
  2. Ketikkan nama lengkap Anda sesuai dengan kartu identitas (KTP), ketik kode 8 huruf yang ada di dalam kotak.
  3. Klik opsi Cari Data, jika Anda masuk ke dalam daftar penerima bansos BPNT maka akan muncul informasi mengenai nama lengkap, status, usia, keterangan, dan lain sebagainya.
  4. Namun jika nama Anda tidak tertera maka bisa dipastikan Anda tidak termasuk sebagai masyarakat penerima BPNT.

Bagaimana Cara Daftar Bansos BPNT?

Setelah mengetahui cara cek bansos BPNT secara online maka Anda juga perlu tahu apa saja langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk bisa terdaftar bansos BPNT ini.

  1. Terlebih dahulu Anda harus mengunduh aplikasi Cek Bansos Kemensos di Google Play Store.
  2. Terdapat fitur untuk mendaftarkan diri sebagai KPM (Keluarga Penerima Manfaat) bantuan sosial BPNT maupun PKH di aplikasi tersebut.
  3. Buatlah akun dan juga user ID, lakukan registrasi dengan KTP, KK, dan NIK.
  4. Login dengan akun Anda, klik menu Tambah Usulan, pilihlah jenis bansos yang Anda inginkan yaitu BPNT atau Kartu Sembako.
  5. Lengkapi semua data yang ada.

Cara Cek Saldo BPNT Melalui Ponsel

Ingin mengetahui bagaimana cara cek saldo dari bansos BPNT ini? Simak langkah-langkahnya di poin ini ya.

Karena pengecekan bisa dilakukan secara online maka Anda hanya membutuhkan ponsel dan juga jaringan internet yang memadai.

Yuk ikuti cara cek saldo bansos BPNT di bawah ini:

1. Mekanisme Cek Saldo BPNT

Untuk mekanisme dari cek saldo bansos BPNT yaitu:

  1. Anda bisa mendatangi salah satu bank Himbara (Himpunan Bank-Bank Milik Negara) yang di antaranya ada Bank Mandiri, BRI, BNI, dan juga BTN.
  2. Silakan datangi bank sesuai dengan rekening bank BPNT Anda ya.
  3. Jangan lupa untuk menyiapkan berbagai dokumen yang diperlukan ketika mendaftar SMS Banking dan juga M-Banking yaitu KKS, KTP  asli, dan juga buku tabungan untuk memuat rekening BPNT.
  4. Nantinya untuk proses aktivasi SMS Banking ataupun M-Banking dilakukan oleh pihak bank terkait ya.

2. Cek Saldo BPNT Melalui SMS

Jika Anda mendaftar SMS Banking di bank BNI maka bisa melakukan cek saldo bansos BPNT melalui langkah-langkah berikut ini:

  1. Bukalah menu SMS yang ada di ponsel Anda.
  2. Masuk ke pesan baru dan ketik SAL, lalu kirim ke nomor 3346.

3. Cek Saldo BPNT Melalui m-Banking BNI

Selain dengan SMS, Anda juga bisa melakukan pengecekkan saldo BPNT dengan M-Banking dengan langkah-langkah seperti berikut:

  1. Anda harus mengunduh aplikasi M-Banking BNI yang ada di Google Play Store.
  2. Masukkan informasi yang berkaitan dengan akun, login.
  3. Anda pun akan mendapatkan informasi mengenai saldo dari bansos BPNT di halaman awal.

Untuk pengecekkan saldo BPNT ini juga bisa Anda lakukan dengan mendatangi agen e-Warong atau agen BRI.

Dengan adanya bantuan sosial (bansos) yang diberikan pemerintah untuk masyarakat miskin dan rentan miskin ini memang sangat membantu perekonomian mereka dalam membeli berbagai kebutuhan pokok.

Apalagi di saat kondisi ekonomi negara yang belum pulih sepenuhnya akibat pandemi Covid-19, bantuan dari pemerintah sangatlah berarti.

Seperti yang diketahui untuk kebutuhan pokok ini memang sulit untuk dipenuhi karena harga sembako yang terus melambung dan pemasukan bulanan yang berkurang akibat kehilangan pekerjaan.

Kehadiran BPNT ini diharapkan bisa membantu mengurangi beban masyarakat kurang mampu.

Baca Juga : 8 Cara Memperkecil Ukuran PDF Online Gratis

Kesimpulan

Pengecekan bansos BPNT ini sangat mudah ya karena bisa dilakukan secara online.

Namun sayangnya, untuk masyarakat miskin yang tidak mempunyai smartphone atau tidak memiliki akses internet, tentunya jadi kendala tersendiri untuk mereka.

Namun di sisi lain, dengan cara cek bansos BPNT secara online seperti yang dijelaskan di atas, masyarakat akan lebih mudah untuk mengetahui apakah ia terdaftar sebagai penerima bansos atau tidak.

Tinggalkan komentar