Cara Flash Oppo F1 Plus Agar Ponsel Tidak Lemot !

Cara flash Oppo F1 Plus – Bagi para pengguna ponsel Android, pastinya sudah tidak asing lagi dengan ponsel Oppo F1 Plus ya.

Ponsel ini memang sempat meramaikan pasar Indonesia, selain itu juga Oppo menggandeng selebriti terkenal di Tanah Air untuk mempromosikan Oppo F1 Plus ini.

Selama beberapa bulan Oppo F1 Plus menjadi ponsel yang paling digemari anak muda di Indonesia, bahkan hingga saat ini masih banyak orang yang mencari Oppo F1 Plus.

Apapun ponsel yang digunakan, termasuk Oppo F1 Plus pastinya pernah mengalami beberapa kali error, terdapat virus, aplikasi menutup sendiri, dan permasalahan sistem lainnya maka dari itulah Anda disarankan untuk melakukan flashing.

Bagi pengguna Oppo F1 Plus, jangan lewatkan pembahasan cara flash Oppo F1 Plus kali ini ya agar ponsel Anda bisa bekerja dengan lebih baik lagi.

Flashing Ponsel

Kenapa ponsel Android harus melakukan flashing? Pastinya pertanyaan ini cukup sering diajukan para pengguna Android yang masih belum akrab dengan istilah flashing atau flash ponsel ya.

Namun apakah Anda mengetahui istilah install ulang OS? Nah, bisa dikatakan bahwa flash ponsel merupakan install ulang sistem operasi (OS) Android dengan menggunakan Custom ROM  atau Stock.

Dengan melakukan flashing maka kondisi ponsel Android Anda akan seperti baru lagi atau kondisi ponsel sama seperti ketika Anda baru membelinya.

Ada berbagai cara yang bisa Anda lakukan untuk flashing ponsel, baik itu menggunakan PC ataupun tanpa menggunakan PC sama sekali.

Sedangkan untuk cara flash Oppo F1 Plus kali ini kita tidak menggunakan PC sehingga memudahkan Anda untuk melakukan flashing jika tidak memiliki PC.

Baca Juga : Root Oppo Neo 7 : Tutorial 5 Langkah Mudah Root Oppo Neo 7

Mengapa Ponsel Android Harus Di-Flash?

Tentunya flashing harus Anda lakukan dengan persiapan yang matang, seperti backup berbagai data penting terlebih dahulu.

Backup data ini sangat penting untuk dilakukan karena flashing ponsel bisa menghapus berbagai aplikasi serta data mulai dari daftar kontak, file video, file foto, musik, dan lain sebagainya.

Untuk proses backup ini bisa melalui PC atau Anda pindahkan secara langsung ke SD card yang ada, sesuaikan saja dengan kebutuhan Anda ya.

Jadi kenapa ponsel Android harus melakukan flashing? Pernahkah di ponsel Android Anda muncul iklan yang terus-menerus padahal sedang tidak digunakan?

Atau pernahkah ponsel Android Anda menginstall aplikasi dengan sendirinya, atau masuk ke recovery mode yang mengakibatkan Anda sulit untuk masuk ke menu utama? Jika iya maka ponsel Anda sudah waktunya untuk melakukan flashing.

Seperti yang diketahui, beberapa hal tersebut memang sangat mengganggu pengguna Android apalagi ketika sedang melakukan banyak aktivitas di ponsel tentunya sangat menghambat ya.

Belum lagi jika ada virus atau saat membuka aplikasi penting, ponsel malah keluar aplikasi dengan sendirinya.

Dengan dilakukannya flashing maka masalah-masalah tersebut bisa teratasi, namun perlu Anda ketahui bahwa flashing juga bisa saja mengalami kegagalan, termasuk cara flash Oppo F1 Plus.

Flashing ponsel yang gagal bisa menyebabkan ponsel tidak bisa digunakan sama sekali, error, dan bahkan mati total.

Maka dari itulah disarankan agar flashing ponsel ini dilakukan oleh seseorang yang sudah ahli sehingga meminimalkan risiko terjadinya gagal flashing.

Selain itu, jika ponsel Anda masih memiliki garansi resmi sebaiknya jangan melakukan flashing karena bisa garansi tersebut bisa hangus akibat flashing dilakukan.

Cara Flash Oppo F1 Plus

Sekarang ini kita sudah masuk ke pembahasan bagaimana cara flash Oppo F1 Plus yang bisa Anda ikuti.

Perlu diingat bahwa langkah-langkahnya memang cukup panjang, namun perhatikan langkah-langkahnya dengan baik agar flashing ponsel bisa berjalan lancar dan tidak terjadi gagal flash.

  1. Langkah pertama dalam cara flash Oppo F1 Plus tanpa PC yaitu dengan download Firmware/ColorOS Oppo F1 Plus terlebih dahulu ya.
    Cara Flash Oppo F1 Plus
  2. Setelah itu pindahkanlah Firmware/ColorOS Oppo F1 Plus yang telah di-download tadi ke SD card dan simpan di luar folder agar nantinya lebih mudah untuk mencarinya.
  3. Jangan lupa untuk memastikan baterai ponsel Oppo F1 Plus di atas 80% agar tidak terjadi gagal flashing atau ponsel mati mendadak ketika proses flashing.
  4. Jika baterai ponsel sudah terisi minimal 80%, matikan ponsel Oppo F1 Plus dan masuk ke recovery mode Oppo F1 Plus.
  5. Untuk masuk ke recovery mode, silakan tekan secara bersamaan selama beberapa detik sampai terlihat tulisan RECOVERY MODE, tekan tombol volume Down + tombol Power, setelah itu lepas tombol.
  6. Nantinya tombol volume berfungsi untuk navigasi, dan tombol power ponsel Oppo F1 Plus untuk memilih.
  7. Cara flash Oppo F1 Plus yang selanjutnya yaitu memilih bahasa English, akan terlihat OPPO RECOVERY.
  8. Agar hasil flashing lebih maksimal maka Anda harus melakukan wipe (pengkosongan file dan aplikasi), caranya dengan Wipe data and cache, klik wipe data and cache, dan klik Yes, tunggu beberapa saat hingga proses selesai.
  9. Selanjutnya klik Instal from SD, klik From SD, klik Firmware/ ColorOS yang sebelumnya telah Anda pindahkah ke SD card, klik Yes dan tunggu beberapa saat.
  10. Jika sudah, klik Reboot, dan klik Yes, ponsel pun akan restart.
  11. Setelah ponsel menyala maka ponsel Oppo F1 Plus sudah selesai melakukan flashing dan kini Anda bisa kembali menambahkan berbagai aplikasi atau file yang telah dibackup tadi.

Baca Juga : Root Oppo R1001 : 5 langkah root agar ponsel kembali Baru !

Kesimpulan

Dengan cara flash Oppo F1 Plus di atas maka Anda juga sudah melakukan upgrade ponsel Oppo F1 Plus.

Perhatikan detail langkah-langkahnya dengan seksama ya agar ponsel Anda berhasil melakukan flashing.

Tinggalkan komentar