Tutorial 10 Cara Membedakan Sony Xperia Asli dan Palsu

Cara Membedakan Sony Xperia Asli dan Palsu – Semakin majunya zaman dan juga teknologi, maka perkembangan gadget terutama ponsel juga semakin berkembang ya.

Hal tersebut tentunya membuat berbagai vendor ponsel berlomba-lomba menciptakan ponsel dengan spesifikasi mumpuni dan berbagai fitur menarik demi memikat masyarakat.

Beberapa ponsel yang laris di pasaran dan ditunggu-tunggu kehadirannya biasanya yang sudah memiliki nama alias brand terkenal ya.

Hal tersebutlah yang membuat banyak ponsel tiruan saat ini, salah satunya dari Sony Xperia.

Maka dari itulah agar Anda tidak terkecoh, maka harus mengetahui cara membedakan Sony Xperia asli dan palsu.

Tutorial 10 Cara Membedakan Sony Xperia Asli dan Palsu

Seperti yang diketahui pabrik ponsel palsu yang meniru ponsel asli pastinya karena ingin mendapatkan keuntungan lebih banyak.

Sebenarnya sudah sejak dulu banyak ponsel tiruan yang meniru ponsel terkenal seperti iPhone, Samsung, hingga Sony yang hingga saat ini banyak sekali peminatnya di dunia.

Maka dari itulah sebelum Anda membeli ponsel, sebaiknya mengecek terlebih dahulu apakah ponsel tersebut asli atau palsu.

Di bawah ini setidaknya ada 10 cara membedakan Sony Xperia asli dan palsu, berikut penjelasannya:

1. IMEI Code Sony

Tutorial 10 Cara Membedakan Sony Xperia Asli dan Palsu

Dengan melalui kode IMEI Anda akan mengetahui apakah suatu ponsel original atau tidak.

Untuk mengecek kode IMEI Sony, maka Anda harus menekan *#06# sehingga kode unik pun akan muncul, kode inilah yang hanya bisa ditemukan di ponsel Anda saja.

Jika kode IMEI sudah muncul di layar ponsel maka Anda bisa mencocokkannya dengan IMEI yang berada di box ponsel tersebut.

Cara lain untuk mengecek kode IMEI Sony yaitu melalui website-nya, yang mana akan muncul nomor IMEI ponsel Anda dan adanya pemberitahuan apakah IMEI ponsel Anda juga sama dengan IMEI yang original atau tidak.

2. Kejernihan Layar Ponsel

Siapa sangka ternyata lewat layar ponsel saja Anda sudah bisa mengetahui apakah ponsel Sony Xperia Anda asli atau palsu.

Anda harus memperhatikan apakah resolusi dan ketajaman layar ponsel sama seperti ponsel yang asli.

Biasanya ponsel Sony yang palsu memiliki kepadatan dan ketajaman layar yang lebih rendah dibandingkan dengan aslinya.

Layar ponsel juga akan terlihat buram pada saat Anda memutar video atau melihat foto.

Anda juga akan kaget ketika melakukan foto dengan ponsel Sony yang palsu karena kualitas foto yang dihasilkan kurang memuaskan.

3. Detail Spesifikasi Ponsel Sony

Cara membedakan Sony Xperia asli dan palsu yang ketiga yaitu dari detail spesifikasi ponsel Sony.

Agar Anda terhindar dari ponsel Sony palsu maka Anda harus membaca secara rinci mengenai spesifikasi ponsel Sony yang Anda beli, mulai dari jaringan, resolusi layar, kamera, kualitas video yang dihasilkan, sampai dengan fitur yang disematkan.

Sebagai contoh di box ponsel terlihat bahwa jaringan ponsel Sony adalah 4G, namun saat Anda membelinya malah yang tersedia hanya jaringan 3G saja.

Spesifikasi ponsel yang berbeda inilah yang patut Anda curigai karena jika spesifikasi menurun akan sangat merugikan Anda.

Perhatikan juga kapasitas ROM dan RAM, apakah berbeda atau tidak, selain itu wifi, bluetoooth, dan berapa kapasitas baterai yang disediakan ponsel.

4. Gunakan Aplikasi Benchmark

Anda bisa memanfaatkan aplikasi yang bernama Benchmark untuk mengetahui apakah ponsel Sony yang Anda miliki original atau tidak.

Aplikasi ini bekerja untuk mengetahui lebih detail mengenai software dan juga hardware yang ponsel Anda gunakan.

Benchmark juga bisa mengetahui seperti apa performa ponsel Anda, mulai dari kecepatan hingga device.

5. Cek Garansi Ponsel

Setiap ponsel dengan kondisi baru dan juga jika dibeli secara resmi pastinya akan mendapatkan garansi.

Namun Anda harus berhati-hati karena sekarang ini banyak penjual jahil yang membuat kartu garansi palsu agar para konsumennya percaya bahwa ponsel yang dibeli adalah asli.

Meskipun demikian, tidak semua penjual jahil tersebut bisa membuat kartu garansi seperti aslinya.

Jadi cobalah Anda lihat kartu garansinya apakah ada yang mencurigakan atau tidak sebagai salah satu cara membedakan Sony Xperia asli dan palsu.

Baca Juga : Harga Xiaomi Yi 2017 : Ulasan Dan Spesifikasi Terlengkap

6. Harga Ponsel

Tidak semua ponsel palsu dibanderol dengan harga murah, karena bisa saja para penjual yang tak bertanggung jawab menaikan harga seperti ponsel aslinya agar para pembeli lebih percaya.

Cek harga ponsel Sony yang asli di website yang terpercaya, setelah itu bandingkan apakah ponsel yang ingin Anda beli harganya berbeda atau tidak.

Mungkin jika harga tidak berbeda jauh merupakan hal yang wajar ya, namun jika harga berbeda sangat jauh maka Anda wajib mencurigainya.

7. Perhatikan Desain dan Warna Ponsel

Ponsel yang asli tentunya memiliki desain dan warna yang seragam dengan tipe yang sama.

Perhatikan secara detail desain dan warna yang ada di ofiicial website apakah sama dengan ponsel yang ingin Anda beli.

Jika adanya perbedaan pada desain dan juga warna ponsel, wah artinya Anda wajib mencurigainya.

8. Performa Ponsel Sony

Anda juga bisa mencoba sendiri performa ponsel sebagai cara membedakan Sony Xperia asli dan palsu.

Jika Anda bandingkan ponsel yang asli dan palsu, maka untuk masalah performa ponsel asli yang pastinya akan menjadi pemenang dan lebih unggul.

Sony palsu memiliki kinerja yang lebih lambat, kapasitas RAM dan ROM yang berkurang, sering mengalami error, tidak bisa digunakan untuk multi-tasking, dan juga baru saja digunakan ponsel sudah mengalami masalah yang cukup serius dan berulang.

9. NFC Connector

Jika ponsel Sony Xperia yang Anda beli memiliki fitur NFC, maka ketika Anda melepaskan baterai ponsel akan terlihat connector NFC yang seperti timah kuning.

Namun untuk ponsel palsu biasanya tidak dilengkapi dengan NFC namun saat baterai ponsel dibuka akan terlihat fake NFC padahal itu bukanlah jalur NFC.

Hal ini bertujuan agar para pengguna yakin bahwa ponsel Sony yang dibeli adalah asli, padahal kenyataannya tidak demikian.

10. Lihat Detail Tulisan

Sony pastikan akan sangat detail memberikan informasi pada ponsel-poneslnya, seperti di box ponsel.

Jika Anda menemukan tulisan typo atau tulisan blur di box maka bisa dipastikan ponsel tersebut adalah palsu.

Seperti yang diketahui ketika Anda membeli ponsel asli pastinya vendor akan sangat berhati-hati dan detail dalam memberikan informasi sekecil apapun.

Baca Juga : 7 Cara Menggunakan 2 WhatsApp di iOS dan Android

Kesimpulan

Dengan mengetahui apa saja cara membedakan Sony Xperia asli dan palsu maka Anda akan terhindar dari penggunaan perangkat palsu yang dijual oleh orang-orang yang tak bertanggung jawab.

Tinggalkan komentar