Cara Menggunakan Fungsi ROUNDDOWN Di Excel

Cara Menggunakan Fungsi ROUNDDOWN Di Excel – Bagi Anda yang sering menggunakan Microsoft Excel, mungkin pernah menggunakan berbagai rumus atau fungsi untuk melakukan perhitungan dasar baik itu pembagian, penjumlahan, perkalian, pengurangan, dan lain sebagainya.

Dari berbagai rumus yang ada, apakah Anda pernah menggunakan fungsi ROUNDDOWN?

Jika belum, maka ini adalah pembahasan cara menggunakan fungsi ROUNDDOWN di Excel ini sangat tepat untuk Anda.

Di sini Anda bisa mengetahui apa itu fungsi ROUNDDOWN di Excel serta cara untuk menggunakannya.

Langsung saja kita simak artikel tentang fungsi ROUNDDOWN ini ya.

Fungsi ROUNDDOWN di Excel

Sebelum ke pembahasan utama mengenai cara menggunakan fungsi ROUNDDOWN di Excel, maka terlebih dahulu akan kita kenali apa itu fungsi ROUNDDOWN di Excel.

Proses pembulatan merupakan salah satu hal yang krusial dalam hal mengolah data berupa angka di Microsoft Excel, apalagi angka desimal.

Terkadang kita memerlukan proses pembulatan suatu angka ke bawah, jadi bukanlah proses pembulatan secara normal.

Terkait dengan hal tersebut, beruntungnya Microsoft Excel sudah menyediakan rumus ROUNDDOWN yang bisa membantu kita untuk melakukan pembulatan angka menjadi jauh lebih mudah.

Manfaat dari fungsi ROUNDDOWN yang ada di Microsoft Excel adalah agar para pengguna Excel yang mengolah data berupa angka bisa melakukan pembulatan angka (biasanya desimal) ke bawah dengan angka desimal tertentu.

Hasil dari ROUNDDOWN yang kita gunakan yaitu angka pun telah berhasil dibulatkan tergantung dari input yang Anda berikan.

Untuk fungsi ROUNDDOWN di Microsoft Excel ini bisa Anda gunakan mulai dari Microsoft Excel versi 2003.

Baca Juga : Cara Validasi Data di Microsoft Office Excel

Cara Menggunakan Fungsi ROUNDDOWN di Excel

Pada artikel ini kita akan menggunakan fungsi ROUNDDOWN, jadi bagi Anda yang belum mengetahui bagaimana cara menggunakan fungsi ROUNDDOWN maka dapat menyimak cara menggunakan fungsi ROUNDDOWN di Excel ini.

Perlu diketahui bahwa ROUNDDOWN ini memiliki peranan yang sangat penting dalam hal kelompok fungsi trigonometri.

Yang mana fungsi tersebut juga masuk ke dalam salah satu fungsi yang paling sering digunakan dan tentunya sangatlah penting.

Mengenai cara menggunakan fungsi ROUNDDOWN di Excel bisa Anda ketahui di bawah ini:

  1. =ROUNDDOWN(nilai, jumlah_angka), ada dua parameter dalam fungsi ROUNDDOWN ini yaitu jumlah_angka dan juga nilai.
    Cara Menggunakan Fungsi ROUNDDOWN Di Excel
  2. Parameter nilai sangatlah diperlukan, sera parameter nilai tersebut bisa dibulatkan ke bawah menggunakan fungsi ROUNDDOWN.
  3. Sedangkan mengenai parameter dari jumlah_angka adalah jumlah angka pembulatan yang ingin Anda terapkan ke suatu nilai yang diinginkan.
  4. Jika nilai jumlah_angkanya lebih besar dari angka 0 (nol), maka angka tersebut akan dibulatkan ke bawah ke tempat angka desimal yang sudah ditetapkan.
  5. Namun jika nilai jumlah_angka adalah 0, maka angka pun akan dibulatkan ke bawah pada interger yang paling dekat.
  6. Jika nilai jumlah_angka lebih kecil dari angka 0 maka angka pun akan dibulatkan ke bawah ke bagian sebelah kiri dari tanda desimal.

Fungsi ROUNDDOWN ini memang tidak selalu diperlukan ketika kita mengolah data di Microsoft Excel, namun untuk saat-saat tertentu ROUNDDOWN memang diperlukan.

Baca Juga : Cara Menghitung Usia Seseorang dengan Fungsi DATEDIF() di Excel

Kesimpulan

Selain itu, ROUNDDOWN juga dapat Anda gunakan untuk pembulatan angka ke bawah angka yang Anda inginkan ke kelipatan 10 dari suatu pangkat tertentu seperti 10, 100, 1000 dengan cepat.

Anda hanya perlu memberikan input bilangan negatif pada bagian input banyak desimal yang ada di ROUNDDOWN Anda ya.

Itulah cara menggunakan fungsi ROUNDDOWN di Excel dan sedikit pembahasan mengenai fungsi ROUNDDOWN, semoga bermanfaat untuk Anda.

Tinggalkan komentar