Cara Menyembunyikan Teks Dokumen Microsoft Word

Cara Menyembunyikan Teks Dokumen Microsoft Word – Microsoft Office Word adalah salah satu aplikasi pengolah kata yang sudah banyak sekali digunakan di penjuru dunia.

Aplikasi buatan Microsoft ini sangatlah populer sejak awal kemunculannya hingga saat ini.

Ya, bagaimana tidak aplikasi tersebut tidak hanya bisa mengolah kata atau membuat dokumen saja, karena disediakan fitur yang sangat beragam sehingga dapat menunjang kegiatan Anda ketika membuat dokumen.

Pembuatan dokumen berupa teks sendiri dulunya masih menggunakan mesin ketik atau ditulis manual dengan tangan, namun kini sudah ada Microsoft Office Word beserta fitur canggihnya.

Salah satu fitur yang sangat dibutuhkan adalah penyembunyian teks, nah di kesempatan ini tentunya Anda akan mengetahui bagaimana cara menyembunyikan teks dokumen Microsoft Word, simak hingga selesai ya.

Microsoft Office Word Aplikasi Pengolah Kata dengan Fitur Menarik

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa Microsoft Office Word memang dilengkapi dengan berbagai fitur menarik yang pastinya menjawab semua kebutuhan Anda ketika membuat dokumen.

Sebelum kita ke pembahasan utama mengenai cara menyembunyikan teks dokumen Microsoft Word, maka terlebih dahulu akan dijelaskan mengenai aplikasi pengolah kata ini.

Mungkin dari Anda ada yang sekedar menggunakan Microsoft Office Word saja sesekali dan belum mengetahui fitur-fitur dasar yang dimilikinya.

Sebenarnya Microsoft Office Word memiliki beragam fitur dasar yang sering digunakan oleh para penggunanya dan ada juga fitur tersembunyi yang belum banyak diketahui.

Fitur dasarnya sendiri ada di tab Home pada toolbar Microsoft Office Word, seperti Table, Bullet and Numbering untuk penomoran otomatis, Ruler untuk mengatur jarak paragraf, Quick Acces Toolbar, Page Status, Title Bar, Ribbon Toll, Zoom Menu, Windows Menu, dan lain sebagainya.

Pastikan Anda memahami apa saja fitur yang ada di Microsoft Office Word tersebut sehingga bisa menggunakannya.

Baca Juga : Cara Menyisipkan Gambar ke Dalam Komentar Microsoft Word

Cara Menyembunyikan Teks Dokumen Microsoft Word

Kini kita sudah masuk ke pembahasan utama yaitu tentang cara menyembunyikan teks dokumen Microsoft Word.

Ada begitu banyak fitur tersembunyi yang bisa kita gunakan pada Word seperti menyisipkan video atau film, menyisipkan video dari YouTube, dan bahkan menyembunyikan teks dokumen di Microsoft Office Word.

Untuk dapat menyembunyikan teks yang ada di Microsoft Office Word maka Anda bisa menggunakan tools yang bernama add-in Redaction Tool.

Nantinya teks yang disembunyikan akan diberikan warna hitam atau black bar.

Namun perlu Anda ketahui bahwa cara ini memiliki kekurangan yaitu warna hitam pada teks sifatnya permanen ya sehingga tidak bisa Anda kembalikan ke keadaan semula.

Kelemahan lainnya adalah tampilah dokumen akan terlihat kurang rapih, hal ini dikarenakan ada blok-blok warna hitam yang cukup mengganggu untuk sebagian orang.

Dengan melakukan sensor menyembunyikan atau bahkan menghilangkan informasi sensitif dan penting memang sangat perlu dilakukan untuk suatu dokumen tertentu.

Hal ini dikarenakan tidak semua orang diperbolehkan/ memiliki izin untuk bisa mendapatkan informasi yang utuh atau lengkap.

Walaupun demikian, dokumen yang terlah dipublikasi dan melalui serangkaian proses sensor sebaiknya juga harus terlihat rapih sehingga lebih nyaman untuk dilihat dan dibaca oleh siapa saja.

Microsoft Office Word sendiri memiliki fitur yang dapat menyembunyikan teks dari dokumen yang Anda inginkan sehingga teks tersebut tidak bisa dilihat oleh pihak-pihak tertentu.

Nantinya ruang dan spasi pada teks yang disembunyikan akan dihilangkan sehingga seolah-olah teks tidak pernah ada, padahal kenyataannya ada teks yang disembunyikan.

Karena “disembunyikan” maka teks bisa kapan saja ditampilkan kembali sesuai keinginan.

Nah, berikut ini adalah cara menyembunyikan teks dokumen Microsoft Word yang dapat Anda terapkan.

1. Menyembunyikan Teks

Langkah-langkah untuk menyembunyikan teks antara lain:

  1. Anda harus membuka dokumen Microsoft Office Word terlebih dahulu yang sebagian teksnya ingin disembunyikan.
  2. Seleksi teks atau blok teks yang berupa frasa, kalimat, paragraf, atau bahkan kata yang ingin Anda sembunyikan.
  3. Pada kalimat atau kata yang disorot klik kanan sehingga menu pintas atau shortcut menu dapat ditampilkan, klik Font pada menu pintas tersebut.
  4. Kotak dialog akan muncul, silakan masuk ke tab Font, berikan tanda ceklis pada check box (kotak centang) dengan label Hidden.
    Cara Menyembunyikan Teks Dokumen Microsoft Word
  5. Terakhir klik OK untuk menyetujui.
  6. Kini teks yang Anda blok tadi pun sudah disembunyikan dan pihak lain tidak mengetahuinya.

2. Menampilkan Kembali Teks

Setelah menerapkan cara menyembunyikan teks dokumen Microsoft Word di atas, pastinya Anda ingin mengetahui ya bagaimana cara untuk memunculkan/ menampilkan kembali teks yang sebelumnya disembunyikan.

Untuk menampilkan teks kembali, lakukan langkah-langkah di bawah ini:

  1. Buka dokumen tadi yang teksnya disembunyikan.
  2. Kemudian seleksi atau blok teks, paragraf, kalimat atau frasa yang lokasinya ada di antara teks yang telah disembunyikan. Untuk melakukan langkah ini Anda juga bisa menekan tombol kombinasi pada keyboard yaitu CTRL + A agar semua isi dokumen terblok.
  3. Selanjutnya Anda bisa klik kanan pada dokumen yang sudah diblok tadi agar menu pintas langsung muncul, Anda bisa memilih Font.
  4. Di kotak centang (check box) yang ada berlabel Hidden telah terisi warna biru, silakan klik dua kali sehingga kotak centang kosong. Jadi klik pertama untuk menghilangkan warna birunya, dan klik yang kedua untuk menghilangkan tanda ceklis yang ada di check box.
  5. Anda bisa klik OK untuk menyetujui dan selesai, kini paragraf atau teks telah ditampilkan kembali.

Baca Juga : Cara Memproteksi Dokumen Microsoft Word dengan Password

Kesimpulan

Demikian penjelasan mengenai cara menyembunyikan teks dokumen Microsoft Word beserta cara menampilkan teksnya, silakan diterapkan pada saat-saat tertentu ya.