11 Cara Menyisipkan Baris Kosong di Antara Baris Lain di Microsoft Excel

11 Cara Menyisipkan Baris Kosong di Antara Baris Lain di Microsoft Excel – Sebelum aplikasi di Android dan iOS muncul, apakah Anda mengetahui salah satu aplikasi yang paling terkenal untuk PC atau laptop? Ya, apalagi kalau bukan Microsoft Office.

Ada banyak sekali aplikasi yang bisa kita gunakan untuk membantu pengerjaan pengolahan data seperti Microsoft Office Exel yang merupakan aplikasi pengolah data berupa angka.

Untuk area kerja yang ada di Microsoft Excel berupa baris dan juga kolom, potongan dari keduanya disebut dengan Sel (Cell).

Jika kita ingin menginput berbagai data maka diletakkan di dalam Sel kemudian kita bisa mengolahnya sesuai dengan keinginan.

Di kesempatan ini kita akan membahas tentang cara menyisipkan baris kosong di antara baris lain di Microsoft Excel, bagaimana langkah-langkahnya? Simak pembahasan ini hingga usai.

Aplikasi Microsoft Office Excel

Cara Menyisipkan Baris Kosong di Antara Baris Lain di Microsoft Excel

Ada beragam fitur menarik yang disematkan oleh Microsoft ke Excel, sehingga tidak heran bahwa Excel merupakan aplikasi pengolah data berupa angka yang paling populer sejak dulu hingga saat ini.

Bisa dikatakan bahwa fitur pengolahan angka di sini juga sangat lengkap, Excel bisa melakukan operasi dasar seperti menambahkan kolom atau baris yang bisa dilakukan dengan melalui pintasan menu (shortcut menu), melalui tombol di toolbar, ataupun menu pintasan di keyboard laptop/ PC.

Anda bisa menguasai operasi dasar dalam pengolahan data ataupun pemformatan dengan sangat mudah dan cepat melalui Microsoft Excel.

Namun ada saat-saat kita dituntut untuk melakukan pekerjaan sesegera mungkin, jadi tidak cukup hanya menguasai operasi dasar saja.

Jika hal tersebut terjadi maka Anda harus melakukan kombinasi penguasaan dari operasi dasar sehingga bisa memaksimalkan fungsi yang ada di Microsoft Office Excel demi menunjang pekerjaan.

Cara Menyisipkan Baris Kosong di Microsoft Excel

Sebelum membahas cara menyisipkan baris kosong di antara baris lain di Microsoft Excel maka Anda perlu memahami terlebih dahulu penyisipan baris kosong di Excel.

Sering terjadi ketika kita ingin melakukan penyisipan pada baris-baris kosong yang mana hal tersebut dilakukan secara manual satu per satu yang pastinya akan sangat memakan waktu dan penundaan penyelesaian kerja.

Sebenarnya untuk mengatasi hal tersebut ada cara yang lebih mudahnya, Anda bisa melakukannya sekaligus sehingga bisa dipastikan lebih cepat.

Baca Juga : 2 Cara Mengkonversi atau Mengubah Data Angka Menjadi Teks di Excel

Lantas, bagaimana cara menyisipkan baris kosong di antara baris lain di Microsoft Excel? Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Jadikanlah kolom E (lihat gambar di bawah ) sebagai kolom bantuan sementara.
    11 Cara Menyisipkan Baris Kosong di Antara Baris Lain di Microsoft Excel
  2. Masukkan nilai secara berurutan mulai dari 1 hingga 7 ke Sel E2 sampai dengan E8.
  3. Copy semua nilai dari Sel E2 ke E8.
  4. Paste semua nilai tersebut di bawah Sel E9 hingga E15.
  5. Kemudian lakukan penyeleksian (blok) semua nilai (dari Sel E2 hingga ke E15).
  6. Lalu masuk ke tab Home, pada kelompok editing klik Sort & Filter.
  7. Klik Sort Smallest to Largest.
  8. Akan muncul kotak dialog Sort Warning, pilih tombol radio Expand the selection, lalu klik Sort.
  9. Selanjutnya untuk bisa menghapus nilai yang ada di Kolom E, maka seleksi semua nilai (dari Sel E2 hingga ke E15).
  10. Klik kanan mouse, di menu pintas yang muncul klik Clear Contents.
  11. Dan kini baris-baris kosong telah berhasil disisipkan, cara menyisipkan baris kosong di antara baris lain di Microsoft Excel pun sudah selesai.

Baca Juga : 1001 Cara Menyembunyikan Kolom Atau Baris di Microsoft Excel

Kesimpulan

Kini penyisipan baris kosong yang Anda kerjakan pun akan jauh lebih cepat dengan menerapkan cara menyisipkan baris kosong di antara baris lain di Microsoft Excel di atas, selamat mencoba!

Tinggalkan komentar