Cara Menyisipkan Kode Program (Source Code) di Microsoft Word

Cara menyisipkan kode program source code di Microsoft Word – Microsoft Office Word adalah salah satu aplikasi populer buatan Microsoft dari awal kemunculannya hingga saat ini.

Aplikasi yang termasuk ke dalam jenis pengolah kata ini memang banyak digunakan karena fungsinya yang sangat penting.

Pembuatan berbagai dokumen berupa teks, tabel, grafik, clip art, ataupun yang menyisipkan gambar semuanya bisa dilakukan dengan Microsoft Office Word.

Mungkin Anda berpikir bahwa Microsoft Office Word ini hanya sebatas aplikasi pengolah kata biasa, namun ternyata fungsinya lebih dari sekedar itu.

Bahkan aplikasi ini dapat digunakan untuk menyisipkan kode program, penasaran bagaimana caranya? Mari simak cara menyisipkan kode program source code di Microsoft Word.

Cara Menyisipkan Kode Program Source Code di Microsoft Word

Cara Menyisipkan Kode Program Source Code di Microsoft Word

Bagi Anda yang sudah tidak asing dengan dunia pemrograman pastinya sudah terbiasa ya dengan membaca beragam artikel di internet yang berkaitan dengan bahasa pemrograman?

Apalagi ketika melihat source code atau kode program yang memang ditampilkan dengan font serta warna berbeda yang telah disesuaikan dengan sintaksis bahasa pemrograman tersebut.

Tahukah Anda font dan warna yang berbeda itu disebut dengan apa? Ya, jawabannya adalah disebut dengan syntax highlighling.

Dengan adanya syntax highlighting ini, Anda sebagai pembaca bisa lebih mudah mengerti serta menelaah lebih jauh mengenai bahasa pemrograman yang ada.

Jadi, sebelum kita ke pembahasan lebih jauh mengenai cara menyisipkan kode program source code di Microsoft Word, maka simak dulu ya pembahasan awal ini.

Misalnya saja Anda memiliki suatu website dengan CMS Joomla atau CMS WordPress dan ingin menampilkannya kode program syntax highlighting maka Anda bisa memanfaatkan syntax highlighting atau dengan ekstensi yang tersedia untuk kedua CMS tersebut ya.

Tapi bagaimana jika kita tetap ingin melakukan penyisipan atau memasukkan kode program ke dokumen pada aplikasi Microsoft Office Word namun syntax highlighting tersebut tetap terjaga?

Sebenarnya seorang developer atau programer bisa saja menyisipkan berbagai kode program ke dalam dokumen Microsoft Office Word untuk dibuat menjadi dokumen penting untuk berbagai kebutuhan seperti tugas akhir atau skripsi.

Tapi apakah bisa menggunakan teknik copy paste biasa? Memang bisa, namun hasilnya malah tidak sesuai dengan harapan, bahkan bisa dikatakan sangat berantakan.

Karena jika Anda melakukan cara menyisipkan kode program source code di Microsoft Word dengan teknik copy paste, risiko terbesar yang bisa Anda alami yaitu kehilangan indentation, syntax highlighting, dan bahkan format teks sekalipun.

Maka dari itulah, jika Anda ingin menerapkan cara menyisipkan kode program source code di Microsoft Word sebaiknya gunakanlah dua cara yang paling mudah yaitu dengan situs penyedia layanan Google Syntax Highlighter ataupun menyalin kode program dari editor Notepad++.

Baca Juga : Cara Menyembunyikan dan Menampilkan Kembali Teks Microsoft Word

Lantas, bagaimana cara untuk menerapkannya? Simaklah langkah-langkahnya di bawah ini ya:

1. Menggunakan Editor Notepad++

Cara menyisipkan kode program source code di Microsoft Word yang pertama adalah dengan Editor Notepad ++.

Yang mana Anda sebagai developer atau website programer pastinya sudah akrab ya dengan Notepad++ ini.

Jadi, Notepad++ merupaan editor kode program yang bisa Anda gunakan secara gratis dan dapat diinstall pada Microsoft Windows.

Notepad++ bisa menampilkan berbagai kode program syntax highlighting yang pastinya dapat disesuaikan oleh bahasa pemrograman yang sesuai kebutuhan Anda.

Dengan Notepad++ Anda dapat dengan mudah melakukan penyalinan dengan mempertahankan indentation, format teks, syntax highlighting, dan juga menyisipkan ke Microsoft Office Word.

Untuk menerapkan cara menyisipkan kode program source code di Microsoft Word maka Anda bisa menerapkan langkah-langkah berikut:

  1. Misalnya Anda memilih Java sebagai bahasa pemrograman, lakukan penyeleksian kode program di Notepad++ yang nantinya Anda sisipkan ke Word.
  2. Klik kanan sehingga menu pintas dapat ditampilkan, klik Plugin commands.
  3. Klik Copy Text with Syntax Highlighting.
  4. Bukalah dokumen dari aplikasi Microsoft Office Word, klik kanan dan menu pintas pun tampil.
  5. Pada Paste Option klik Keep Source Formating.
  6. Kode program dengan syntax highlighting pun disisipkan pada lembar kerja dokumen di Microsoft Office Word.

2. Situs Layanan Google Syntax Highlighter

Pembahasan yang kedua mengenai cara menyisipkan kode program source code di Microsoft Word adalah dengan situs layanan Google Syntax Highlighter.

Cara ini bisa Anda gunakan selain dengan Notepad++, Google Syntax Highlighter ini merupakan layanan secara online dan gratis.

Selain gratis, cara ini juga terbilang lebih mudah untuk diterapkan, langkah-langkahnya sendiri antara lain sebagai berikut:

  1. Langkah pertama yang harus Anda laukan dengan cara menyisipkan kode program source code di Microsoft Word melalui layanan Google Syntax Highlighter adalah masuk ke http://www.planetb.ca/syntax-highlight-word.
  2. Kemudian salin kode program (source code) dengan kombinasi tombol keyboard CTRL + C, setelah itu letakkan (paste) dengan kombinasi tombol keyboard CTRL + V pada text box Code di halaman yang terbuka ya.
  3. Anda dapat memilih bahasa pemrograman yang diinginakan untuk kodenya, lalu klik tombol Show Highlighted.
  4. Jendela baru akan terbuka dan akan menampilkan kode program dengan adanya syntax highlighting, Anda bisa menyeleksi kode program, klik kanan dan klik Copy atau dengan menekan tombol CTRL + C.
  5. Langkah selanjutnya bukalah aplikasi Microsoft Office Word, pada area kosong klik kanan dan pada Paste Option klik Keep Source Formating.
  6. Kini kode program (source code) pun sudah disisipkan pada dokumen Microsoft Office Word Anda, mudah kan caranya?

Baca Juga : Cara Membuat dan Menggunakan Formula Tabel Microsoft Word

Kesimpulan

Bagaimana, sangat mudah kan dalam menerapkan cara menyisipkan kode program source code di Microsoft Word? Anda bisa memilih salah satunya ya, selamat mencoba!

Tinggalkan komentar