Download Aplikasi Elsimil BKKBN Gratis 2022

Download Aplikasi Elsimil BKKBN Gratis 2022 – Pada bulan September tahun 2021 lalu BKKBN mengembangkan suatu aplikasi untuk para pasangan yang akan menikah yaitu Aplikasi Elektronik Siap Nikah dan Hamil (Elsimil).

Elsimil BKKBN sendiri memiliki fungsi utama yaitu untuk menekan kasus stunting yang sebagian besar berasal dari pasangan calon pengantin itu sendiri.

Dengan adanya aplikasi Elsimil maka bisa sebagai alat skrining dari kondisi calon pengantin, hal tersebut juga merujuk ke Peraturan Presiden Nomor 72 mengenai Percepatan Penangan Stunting.

BKKBN memang ditunjuk sebagai koordinator yang menawarkan konsep keluarga berencana (KB) agar keluarga yang berkualitas dengan orientasi penurunan angka stunting.

Aplikasi Elsimil ini sangatlah penting, jadi bagi Anda yang ingin download aplikasi Elsimil BKKBN maka bisa menyimak pembahasan ini.

Stunting

Presiden Jokowi sendiri memang menargetkan bahwa di tahun 2024 nanti telah terjadi penurunan angka stunting setidaknya sebesar 14%.

Sebagai contoh untuk menggunakan aplikasi Elsimil, maka BKKBN memilih Banyuwangi, Jawa Timur dan nantinya akan digunakan dalam skala nasional.

Pengertian Stunting dan Dampaknya

Sebelum kita membahas mengenai download aplikasi Elsimil BKKBN, maka terlebih dahulu akan dijelaskan apa itu stunting dan juga dampaknya.

Mungkin dari Anda ada yang belum mengetahui apa itu stunting, jadi stunting sendiri merupakan suatu kondisi di mana tinggi badan anak lebih pendek dibandingkan dengan anak lain seusianya,

Di Indonesia kasus stunting ini cukup tinggi sehingga penanganan serius perlu dilakukan.

Stunting memiliki dampak yang serius yaitu tumbuh kembang anak yang tidak ideal.

Selain itu stunting juga berdampak ke perkembangan otak anak, kemampuan kognitif yang rendah, serta rendahnya keberhasilan pendidikan.

Untuk jangka panjang ari stunting adalah menghambat produktivitas, menghambat pertumbungan ekonomi, dan angka kemiskinan meningkat.

Stunting disebabkan oleh kekurangan gizi kronis yang terjadi sejak ibu mengandung hingga anak berusia 2 tahun, dengan demikian sangat penting ya edukasi sebelum menikah.

Dalam hal tersebut maka salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menggunakan aplikasi Elsimil BKKBN.

Baca Juga : Download Aplikasi Telepath APK, ini Fungsi dan Kegunaannya

Gejala Stunting

Karena stunting adalah gangguan pertumbuhan anak maka terdapat beberapa gejala, antara lain:

  • Anak mungkin memiliki tubuh yang kurus.
  • Perkembangan tubuh anak tidak normal.
  • Tinggi badan rendah/ tinggi badan yang tidak normal selayaknya anak seusianya.
  • Tumbuh lebih lambat dari yang seharusnya.
  • Lambat berbicara, lambat berjalan, lambat tumbuh gigi, dan lambat dalam tahapan bayi normal lainnya.

Penyebab Stunting

Menurut WHO (World Health Organization) stunting sendiri disebabkan oleh kekurangan gizi dan nutrisi pada bayi, infeksi berulang, kekurangan ASI, atau terdapat penyakit kronis lainnya sehingga menyebabkan gangguan penyerapan nutrisi dari makanan yang dikonsumsi.

Faktor risiko gangguan stunting juga diakibatkan oleh pola asuh yang kurang memadai sejak anak masih dalam kandungan, yang mana ibu mungkin saja memiliki gangguan kesehatan atau tidak memenuhi nutrisi yang dibutuhkan selama kehamilan.

Di pembahasan download aplikasi Elsimil BKKBN ini Anda juga akan mengetahui apa saja penyebab dari stunting, antara lain sebagai berikut:

1. Kekurangan Gizi pada Ibu Hamil

Penyebab stunting yang pertama adalah kekurangan gizi pada ibu hamil.

Ibu hamil tersebut juga bisa saja memiliki masalah kesehatan seperti hipertensi, sakit malaria, HIV/AIDS, atau riwayat penyakit lainnya yang bisa mempengaruhi perkembangan janin.

Stunting dapat terjadi jika ibu hamil tak mendapatkan nutrisi yang cukup seperti asam folat, kalsium, omega 3, zat besi, vitamin, dan mineral penting lainnya.

Jika hal ini terjadi maka akibatnya adalah janin yang ada di dalam kandungan tidak mendapatkan nutrisi yang memadai sehingga ia terlahir dengan berat badan yang di bawah normal, komplikasi penyakit, dan bahkan gizi buruk.

2. Infeksi atau Penyakit Menular

Bayi memiliki risiko lebih tinggi terpapar penyakit berbahaya, penyakit menular, kerusakan usus, diare, infeksi akibat mikroorganisme, dan gangguan pertumbuhan lainnya saat usia 3-5 bulan dan akan lebih terlihat ketika memasuki usia 6-18 bulan.

Jika hal tersebut tidak segera ditangani oleh medis maka dampak buruknya adalah gangguan pertumbuhan pada anak sehingga memicu terjadinya stunting, gizi buruk, wasting, dan penyakit tanpa gejala yang bisa saja dialami oleh anak.

3. Kurang Gizi

Kita semua mengetahui bahwa kurang gizi akan memberikan dampak yang tidak baik untuk perkembangan dan pertumbuhan anak.

Anak membutuhkan gizi yang seimbang sejak masa kehamilan, baru lahir, dan periode emas (golden age) untuk menyehatkan otak, fisik, mental, kognitif, dan juga emosional.

Orangtua harus memenuhi kebutuhan gizi anak secara lengkap seperti memberikan makanan dan minuman sehat setiap harinya yang mengandung vitamin, susu, dan juga suplemen makanan bila diperlukan.

Orangtua juga harus mewaspadai jika anak tidak mau makan, jangan sampai anak jadi kurang gizi atau malnutrisi karena tidak mau makan.

4. Pola Asuh yang Kurang Memadai

Kemudian para orang tua juga harus memberikan pola asuh yang baik untuk anak-anak mereka.

Orang tua harus mengetahui betapa pentingnya gizi untuk anak, jangan sampai anak kekurangan asupan nutrisi sehingga gangguan kesehatan yang berisiko fatal terjadi.

5. Faktor Lingkungan

Dan penyebab stunting yang terakhir adalah faktor lingkungan, karena jika Anda terlahir di lingkungan yang kekurangan akses air bersih, dan makanan bergizi maka malnutrisi serta gagal tumbuh kembang akan meningkat riskonya.

Gangguan pertumbuhan anak memang rentan terjadi di negara miskin dan negara berkembang karena sulitnya akses makanan, terbatasnya akses kesehatan, dan juga harga makanan yang mahal.

Aplikasi Elsimil BKKBN

Download Aplikasi Elsimil BKKBN Gratis 2022

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya Elsimil BKKBN adalah suatu aplikasi yang bisa digunakan untuk mendeteksi faktor risiko pada calon pengantin dan sebagai media edukasi untuk kesiapan menikah dan hamil.

Fungsi lain dari Elsimil BKKBN adalah memantau kepatuhan calon pengantin dalam melakukan treatment peningkatan status gizi.

Yang mana nantinya aplikasi Elsimil BKKBN akan menghubungkan calon pengantin ke petugas pendamping.

Tujuan utama dari program tersebut yaitu agar memastikan pasangan yang ingin menikah sudah dalam kondisi ideal terutama dalam hal kesehatan dan gizi.

Cara Download Aplikasi Elsimil BKKBN

Di poin ini Anda akan mengetahui download aplikasi Elsimil BKKBN.

Untuk download aplikasi Elsimil ini juga sangat mudah yaitu sebagai berikut:

  1. Bukalah Google Play Store di ponsel Anda.
  2. Di kolom Search/ Pencarian ketik Elsimil, atau bisa melalui klik di sini.
  3. Download dan install aplikasi Elsimil BKKBN.
  4. Anda harus mendaftarkan diri dengan mengisi data sesuai dengan data diri Anda pada kolom yang tersedia. Jangan lupa untuk mengisinya sesuai data di KTP ya.
  5. Kini aplikasi Elsimil pun telah siap untuk digunakan.

Selain di Google Play Store, Anda juga bisa download aplikasi Elsimil BKKBN melalui official website BKKBN di elsimil.bkkbn.go.id/register.

Nantinya akan ada beberapa pertanyaan yang harus Anda isi, isilah pertanyaan tersebut dengan yang sebenar-benarnya.

Baca Juga : Cara Mempercantik Video Call WhatsApp Hp Oppo

Kesimpulan

Adanya aplikasi Elsimil BKKBN ini memang sangat penting untuk pasangan yang ingin menikah.

Sedangkan bagi Anda yang mencurigai adanya beberapa gejala stunting di atas terjadi pada anak sebaiknya langsung konsultasikan ke dokter.

Anda juga bisa memperbaiki kesehatan anak di 1.000 hari pertama kehidupan anak (sampai anak berusia 2 tahun) yaitu dengan memberikan gizi serta nutrisi yang baik.

Silakan langsung download aplikasi Elsimil BKKBN sebagai media edukasi untuk kesiapan menikah dan hamil.

Tinggalkan komentar