Kode Bank BSI dan Kode SWIFT BSI

Kode Bank BSI dan Kode SWIFT BSI – Walaupun sekarang ini sudah banyak dompet digital yang bermunculan, namun keberadaan bank tidak bisa tergantikan.

Ada banyak sekali bank di Indonesia, salah satunya adalah BSI atau Bank Syariah Indonesia.

BSI sendiri merupakan salah satu bank pendatang baru di Indonesia, walaupun masih baru namun sudah banyak memiliki nasabah.

Nah, di kesempatan ini kita akan sedikit membahas mengenai BSI yaitu kode bank BSI dan kode SWIFT BSI.

Ingin tahu mengenai kode bank dan juga kode SWIFT-nya? Simak pembahasan ini hingga usai.

Kode Bank BSI dan Kode SWIFT BSI

Sebagian besar masyarakat telah memiliki rekening bank, dan pastinya cukup sering melakukan kegiatan transfer.

Pada saat kita melakukan transfer uang ke bank lain maka Anda memerlukan kode bank tujuan.

Tentunya hal tersebut berbeda jika kita ingin melakukan transfer ke rekening bank yang sama, karena tidak memerlukan kode bank.

Setiap bank pastinya memiliki kode bank masing-masing, termasuk Bank BSI yang telah diatur sedemikian rupa oleh Bank Indonesia (BI).

Karena BSI masih bank baru jadi wajar saja banyak orang yang masih belum mengetahui berapa kode bank-nya.

Tapi Anda tidak perlu khawatir karena di sini akan dijelaskan mengenai kode bank BSI dan kode SWIFT BSI.

Baca Juga : 6 Cara Cek Nomor Internet IndiHome

Kode Bank BSI untuk Transfer

Kode Bank BSI dan Kode SWIFT BSI

Setiap bank memiliki kodenya sendiri yang tentunya unik sehingga berbeda dengan kode bank lain.

Kode tersebut adalah identitas dari bank yang terdiri ada tiga digit angka.

Kode bank inilah yang biasanya digunakan pada saat kita akan melakukan transfer dana antar bank, baik itu sesama bank ataupun ke lain bank.

Baik pentransferan melalui internet banking, mesin ATM, SMS banking, ataupun mobile banking pastinya membutuhkan kode bank ini.

Untuk kode bank BSI yang sebenarnya yaitu 451, namun kode bank tersebut tidak berlaku untuk semua nasabah ya, hal tersebut dikarenakan BSI adalah hasil merger tiga bank berbeda.

Jadi kode bank 451 ini hanya berlaku untuk nasabah BSI yang tadinya memegang rekening Bank Syariah Mandiri, kode tersebut juga bisa digunakan untuk nasabah yang tadinya menggunakan BNI Syariah dan BRI Syariah lalu melakukan migrasi ke rekening BSI.

Sedangkan untuk nasabah BSI yang hingga saat ini masih menggunakan nomor rekening lama baik itu BRI Syariah ataupun BNI Syariah masih bisa menggunakan kode bank yang sebelumnya (kode bank lama).

Untuk detailnya seperti berikut ini:

  • Untuk nasabah Bank Rakyat Indonesia Syariah (BRIS) yang memang belum melakukan pengubahan atau migrasi rekening ke BSI maka masih bisa menggunakan kode bank 427. Seperti halnya kode Bank Rakyat Indonesia Syariah sebelum merger menjadi BSI.
  • Hal tersebut juga berlaku untuk nasabah Bank Negara Indonesia Syariah (BNIS) yang belum melakukan pemindahan ke rekening BSI, sehingga kode bank untuk BNIS sebelum merger ke BSI adalah 422.

Sampai dengan pembahasan kode bank BSI dan kode SWIFT BSI ini Anda tidak perlu bingung mengenai kode bank yang benar jika ingin melakukan transfer ke BSI.

Agar lebih memastikan tak terjadi kesalahan transfer uang maka sebaiknya tanyakan secara langsung ke penerima transfer mengenai sudahkah melakukan pemindahan rekening ke BSI atau belum.

Jika penerima transfer sudah melakukan migrasi atau pemindahan maka Anda bisa menggunakan kode 451 untuk BSI.

Namun jika belum migrasi maka Anda bisa menggunakan kode bank yang lama.

Kode SWIFT BSI Terbaru

Usai mengetahui kode bank, pembahasan selanjutnya dari artikel kode bank BSI dan kode SWIFT BSI yaitu kode SWIFT.

Apakah yang dimaksud dengan kode SWIFT? Jadi kode SWIFT merupakan suatu format kode standar untuk bisa mengidentifikasi bank atau bisa juga disebut dengan Bank Code Identifier (BIC).

Kode tersebut biasanya digunakan untuk mengenali suatu bank, kode ini bersifat unik sama halnya dengan kode bank yang telah dijelaskan di atas.

Kode SWIFT adalah singkatan dari Society for Worldwide Interbank Finansial Telecommunication, yang merupakan suatu badan khusus untuk menangani pendaftaran kode-kode SWIFT seluruh bank yang ada di dunia.

Jika kode bank kita gunakan pada saat melakukan transfer uang antar bank dalam negeri, nah kode SWIFT inilah yang digunakan untuk transfer uang antar negara.

Biasanya kode SWIFT digunakan oleh orang-orang yang bekerja di luar negeri dan ingin mengirimkan sejumlah uang ke Indonesia.

Untuk format dari kode SWIFT yaitu terdiri atas 8 atau 11 digit, yang mana SWIFT code tersusun dari 8 digit yang merujuk ke kantor utama dalam suatu bank.

Sedangkan untuk kode SWIFT yang terdiri dari 11 digit lebih merujuk ke kantor cabang di bank tertentu.

Format dari kode SWIFT yaitu sebagai berikut ini:

AAAABBCCDDD

Berikut keterangan dari kode SWIFT:

  • AAAA: merupakan karakter dari kode bank, kode ini terdiri atas huruf saja.
  • BB: kode negara berdasarkan regulasi dari ISO 3166-1 alpha-2.
  • CC: kode lokasi yang terdiri atas angka dan kode. Untuk peserta pasif maka bisa mendapatkan 1 kode pada karakter kedua.
  • DDD: karakter terakhir terdiri atas angka dan huruf untuk melakukan identifikasi kantor cabang bank.

Kode SWIFT BSI adalah BSMDIDJA sehingga pada saat Anda ingin melakukan transfer dari luar negeri ke rekening BSI maka kode SWIFT yang perlu digunakan yaitu BSMDIDJA.

Baca Juga :  Cara Membobol Wifi Tanpa Aplikasi di HP/ PC

Kesimpulan

Kini Anda sudah mengetahui tentang apa saja perbedaan dan fungsi dari kode bank BSI dan kode SWIFT BSI melalui pembahasan di atas, semoga informasi ini bermanfaat!

Tinggalkan komentar