Stock ROM Acer Z160 Dual SIM

Stock ROM Acer Z160 Dual SIM – Bagi orang-orang yang sering mengganti ROM pastinya sudah tidak asing dengan Stock ROM dan Custom ROM.

Keduanya memang sangat penting untuk tampilan sebuah ponsel.

Meskipun demikian, Stock ROM dan Custom ROM memang sangat berisiko, karena jika flashing atau penggantian ROM tidak dilakukan dengan tepat bisa membuat ponsel mati total.

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai Stock ROM Acer Z160 Dual SIM yang belum banyak diketahui para pengguna Acer.

Mari kita simak pembahasan kali ini mengenai Stock ROM untuk Acer Z160 hingga selesai ya.

Apa itu Stock ROM?

Stock ROM Acer Z160 Dual SIM

Namun sebelum kita mengetahui tentang Stock ROM Acer Z160 Dual SIM, terlebih dahulu kita akan membahas mengenai apa itu Stock ROM sehingga Anda tidak merasa kebingungan nantinya.

Stock ROM dan Custom ROM pastinya sudah bukan hal yang asing lagi untuk pengguna ponsel yang sering melakukan “otak-atik” ponselnya.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya agar bisa mendapatkan tampilan ponsel yang lebih baik maka hal yang berisiko juga tetap dilakukan seperti flashing atau mengganti ROM.

Padahal jika kedua hal tersebut dilakukan dengan keliru, bisa saja berdampak buruk untuk ponsel, seperti bootloop (hang di logo), bahkan jika penggantian ROM terlalu sering dilakukan maka kinerja EMMC sangat terpengaruh.

Namun bagi Anda yang memang sudah handal pada bidang Porting bootloop maka hal tersebut bukanlah suatu halangan.

Bagi Anda yang belum mengetahui tentang Stock ROM dan Custom ROM maka dapat melihat penjelasannya berikut.

Stock ROM

Stock ROM merupakan perangkat lunak atau firmware yang bisa juga dikatakan sebagai Operasi sistem yang ditanam di suatu ponsel.

Stock ROM memang merupakan firmware original dari produsen ponsel yang biasanya digunakan untuk mengatasi berbagai masalah di ponsel tersebut.

Kerusakan yang bisa diatasi seperti bootloop, ponsel lemot, terkena virus, aplikasi yang lambat saat dibuka, aplikasi yang sering keluar sendiri, lupa pola ponsel dan lain sebagainya.

Sedangkan untuk penginstallannya sendiri biasanya menggunakan PC atau laptop, nah penginstallan tersebutlah yang biasa dikenal dengan istilah flash atau flashing.

Jika ponsel diinstall firmware maka sistem pada ponsel tersebut menjadi baru kembali dan juga performa ponsel akan menjadi jauh lebih baik.

Sebaiknya firmware yang digunakan haruslah sesuai dengan brand dan tipe ponsel untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Custom ROM

Tentunya Custom ROM ini berbeda dengan Stock ROM, jadi Custom ROM adalah firmware yang telah diubah atau bisa dikatakan firmware di suatu ponsel tapi beda brand.

Sebagai contoh ponsel brand A namun sistem operasi yang ada di dalamnya adalah ponsel dari brand B.

Biasanya kegiatan ini dilakukan oleh para pengguna ponsel yang merasa bosan dengan tampilan ponsel yang itu-itu saja, sehingga butuh pembaruan.

Custom ROM sama halnya seperti flash namun untuk cara flashing-nya langsung di ponsel yang sebelumnya telah diinstall dengan CWM atau TWRP.

Namun sebaiknya sebelum melakukan flashing lakukan backup terlebih dahulu berbagai data penting yang ada di ponsel Anda ya.

Baca Juga : Cara Flash Asus Zenfone 5 Via ADB

Cara Flash Stock ROM Acer Z160 Dual SIM

Sebelum flashing, Anda harus melakukan factory reset terlebih dahulu, jadi pada saat ponsel masih bisa di fungsikan Anda dapat mencari menu factory reset yang terdapat di menu pengaturan atau setting.

Namun jika ponsel bootloop maka dapat mencoba menekan secara bersamaan tombol volume Up + tombol Power.

Sebagian pengguna yang melakukan cara ini memang mengalami kendala di factory reset, jika hal ini terjadi juga pada Anda maka disarankan untuk melakukan flashing dengan PC atau laptop.

Ikuti langkah-langkah di bawah ini ya agar kemungkinan terjadinya error saat flashing bisa diminimalisir.

  1. Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah download Android USB Driver pada PC atau laptop Anda, setelah itu lakukan penginstallan, namun jika di PC sudah tersedia software tersebut maka langkah ini dapat dilewati.
  2. Pastikan ponsel Acer Anda dalam keadaan off, setelah itu silakan download Stock ROM Acer Liquid Z160 Dual SIM dan lakukan ekstrak.
  3. Langkah ketiga juga bisa download dan ekstrak SP Flashtool V5 di PC atau laptop Anda.
  4. Bukalah Flash_tool.exe, lalu klik kanan untuk run as administrator, dan klik Download.
  5. Pada tab Scatter Loading silahkan klik dan arahkan ke folder dari hasil ekstrak Stock ROM ponsel Acer Liquid Z160 Dual SIM.
  6. Carilah file berformat .txt dengan nama file MT6xxx_Android_Scatter, setelah itu klik Download yang berwarna hijau.
  7. Hubungkan ponsel ke PC atau laptop sambil menekan tombol volume bawah atau atas di ponsel.
  8. Selanjutnya ponsel akan mendeteksi adanya penginstallan USB Driver di ponsel Anda.
  9. Jika sudah terdeteksi maka langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah menunggu setidaknya 10 hingga 15 menit untuk menunggu proses flashing.
  10. Bila sudah selesai maka Anda dapat melepaskan koneksi dari ponsel ke komputer, dan nyalakan ponsel.
  11. Untuk beberapa tipe ponsel memang ada yang secara otomatis menyala setelah proses flashing dilakukan.

Stock ROM Acer Z160 Dual SIM di atas tentunya bisa berjalan dengan baik asalkan Anda tidak keliru dalam membaca langkah-langkahnya.

Dan untuk booting awal setelah flashing memang memakan waktu yang cukup lama, ini wajar terjadi.

Baca Juga : Cara Root Asus Zenfone CZ007 KitKat Tanpa PC

Kesimpulan

Demikian penjelasan mengenai Stock ROM Acer Z160 Dual SIM, memang bagi para pemula cukup sulit untuk menerapkannya, sehingga risiko kegagalan meningkat.

Namun jika Anda menerapkan langkah-langkah di atas dengan tepat, maka flashing bisa berjalan dengan lancar, selamat mencoba ya!

Tinggalkan komentar