5 Trik Jual Beli Bitcoin Agar Dapat Keuntungan Besar

Trik Jual Beli Bitcoin – Sekarang ini ada berbagai instrumen investasi yang bisa Anda pilih sesuai keinginan.

Mulai dari cryptocurrency, saham, CFD, indeks, dan lain sebagainya yang mana peminatnya terus bertambah seiring dengan berjalannya waktu.

Salah satu jenis cryptocurrency atau trading crypto yang paling banyak diminati adalah mata uang digital Bitcoin.

Bahkan sejak beberapa tahun lalu hingga saat ini nilai Bitcoin terus melambung hingga puluhan juta rupiah per kepingnya.

Bagi Anda trader pemula yang masih bingung bagaimana trading Bitcoin maka bisa menyimak tentang trik jual beli Bitcoin di pembahasan ini ya.

Trik Jual Beli/ Trading Bitcoin Agar Dapat Untung Besar

trik jual beli bitcoin

Setiap trader (investor) pastinya selalu ingin mendapatkan keuntungan yang besar dari instrumen trading yang dimilikinya.

Setiap investasi atau instrumen yang dipilih tentunya memiliki perbedaan mengenai cara untuk melakukan trading dan mendapatkan profit yang melimpah, begitu juga dengan trading Bitcoin.

Untuk mendapatkan profit pada instrumen mata uang crypto digital yaitu Bitcoin ada beberapa trik yang bisa Anda terapkan.

Berikut ini setidaknya ada 5 trik jual beli Bitcoin, antara lain sebagai berikut:

1. Pahami Risikonya

Trik yang pertama tentunya Anda harus mengetahui dan memahami terlebih dahulu risiko dari trading Bitcoin sebelum memilih investasi tersebut.

Setiap mata uang crypto yang Anda pilih pastinya memiliki risiko masing-masing.

Karena Bitcoin merupakan mata uang crypto dengan harga paling tinggi, pastinya risiko yang dimiliki juga besar.

Meskipun demikian, bagi para trader pemula, Bitcoin menjadi salah satu aset yang cocok dikarenakan kapitalisasi yang besar dan tentunya lebih mapan.

Memang Bitcoin cukup fluktuatif, contohnya pada saat awal pandemi Covid-19 harganya sangat menurun namun beberapa lama kemudian harga Bitcoin kembali melonjak, namun peraturan pada Bitcoin lebih jelas dibandingkan dengan mata uang digital lainnya.

Dengan demikian pastinya berbagai risiko yang terjadi di masa depan dapat berkurang.

Aset Bitcoin memang paling liquid jadi sangat mudah untuk diperjual belikan ya.

2. Beli Aset jangan Hanya Saat Harganya Turun

Salah satu trik jual beli Bitcoin yang paling banyak dilakukan oleh trader, baik trader pemula ataupun yang sudah berpengalaman adalah membeli aset ketika harga turun.

Memang seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa Bitcoin harganya cenderung fluktuatif sehingga lebih baik dibeli pada saat harganya sedang menurun saja.

Hal tersebut dilakukan agar para trader bisa mendapatkan untung yang lebih besar, padahal tidak selalu demikian ya.

Kenyataannya bisa jadi harga Bitcoin menurun dikarenakan kondisi pasar, jadi Anda dapat trading uang digital ini dengan nominal yang kecil terlebih dahulu.

Setelah itu, barulah Anda bisa meningkatkan nominalnya secara bertahap sehingga keuntungan yang Anda dapatkan juga meningkat.

Baca Juga : Cara Nonton YouTube Tanpa Jaringan Internet

3. Jangan Lupakan Prospek Jangka Panjang

Meskipun Bitcoin menjadi salah satu mata uang crypto yang paling menguntungkan dan bahkan berada di tingkatan teratas uang digital paling populer, namun Anda juga harus melihat bagaimana prospek jangka panjang dari Bitcoin ini.

Bagi Anda trader yang masih pemula, disarankan untuk tidak trading Bitcoin harian ya.

Hal ini dikarenakan Bitcoin merupakan uang digital yang sangat mudah berubah sehingga dalam waktu yang dekat saja harganya sangat mudah naik dan turun.

Dengan melihat kondisi seperti ini, investor atau trader pemula cukup sering terjebak pada kondisi panic buying dan juga panic selling, apalagi ketika harga dari Bitcoin ini menurun secara tiba-tiba ya.

Maka dari itulah bagi trader pemula lebih baik untuk mencoba trading Bitcoin dalam jangka panjang saja sebagai salah satu trik jual beli Bitcoin.

4. Mengaktifkan Fitur Beli Otomatis

Trik yang keempat yaitu dengan mengaktifkan fitur membeli secara otomatis jika Anda mengalami kesulitan untuk membaca bagaimana pergerakan pasar.

Selain itu jika Anda juga tidak mengetahui ke arah mana Bitcoin ataupun bingung bagaimana cara untuk menentukan entry level.

Pada platform exchange masa kini biasanya tersedia fitur beli secara berulangan otomatis, nah fitur inilah yang bisa Anda manfaatkan sebagai trik jual beli Bitcoin.

5. Manajemen Risiko

Dan yang terakhir adalah dengan memanajemen risiko, misalnya jangan sampai menaruh semua uang yang Anda miliki di satu instrumen investasi.

Melainkan ketahui terlebih dahulu bagaimana risikonya atau lakukan diversifikasi portofolio.

Risiko Investasi Bitcoin

Setiap instrumen investasi pastinya memiliki risiko tersendiri, termasuk Bitcoin.

Sebelum Anda bernafsu untuk berinvestasi di Bitcoin sebaiknya ketahui terlebih dahulu apa saja risiko Bitcoin setelah mengetahui trik jual beli Bitcoin.

1. Tidak Ada Regulasi

Cryptocurrency seperti Bitcoin tidak diatur oleh pemerintah ya, jadi tidak sama dengan instrumen investasi lainnya.

Jadi jika Anda mendapatkan kerugian ketika melakukan trading Bitcoin, jangan harap uang kerugian Anda bisa terganti.

2. Isu Legalitas

Meskipun belum dinyatakan ilegal, namun para investor masih harap-harap cemas mengenai status hukum atau isu legalitas dari trading Bitcoin ini.

3. Penipuan dan Aktivitas Ilegal

Risiko yang selanjutnya adalah risiko penipuan Bitcoin cukup tinggi, inilah yang mengharuskan Anda sebagai trader pemula perlu berhati-hati saat memilih instrumen Bitcoin ataupun mata uang digital lainnya.

Penjahat siber yang melakukan kejahatan di bidang crypto cukup sulit untuk dilacak.

4. Harus Paham Regulasi

Jika Anda hanya tergiur investasi Bitcoin namun sebenarnya tidak paham dengan regulasi yang ada, sebaiknya jangan lakukan investasi.

Anda harus mengerti apa saja regulasi pada setiap jenis trading, termasuk Bitcoin ini agar nantinya tidak ada salah paham atau Anda mengalami kerugian.

5. Volatilitas Ekstrem

Karena harganya sangat fluktuatif, maka risiko dari Bitcoin juga sangat tinggi.

Karena keterbatasan analisis, banyak pakar skeptis mengenai investasi yang satu ini.

Baca Juga : Cara Menyambungkan Internet ke Komputer

Kesimpulan

Anda telah mengetahui trik jual beli Bitcoin dan apa saja risiko dari trading Bitcoin.

Jadi sebelum memutuskan untuk trading ke jenis crypto ini, sebaiknya pikirkanlah dengan bijak dan pahami seluk beluk Bitcoin ya.

Tinggalkan komentar