Tutorial 8 Cara Mengedit File PDF Microsoft Office Word

Cara Mengedit File PDF Microsoft Office Word – Bagi Anda yang sering membuat dokumen di berbagai aplikasi, pastinya sudah cukup akrab dengan berbagai format file seperti doc, docx, pptx, pdf, dan lain sebagainya ya.

Ada salah satu format file yang paling populer yaitu pdf, pdf sendiri merupakan singkatan dari Portable Document Format.

pdf dibuat pada tahun 1993 oleh Adobe Systems, usianya memang sudah cukup tua ya namun hingga saat ini masih banyak digunakan.

Format file pdf memiliki layout tetap (fixed) yang bisa didistribusikan ke berbagai platform ataupun internet.

Kini kita akan membahas mengenai cara mengedit file pdf Microsoft Office Word, simak hingga selesai.

File PDF

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa pdf sendiri merupakan singkatan dari Portable Document Format.

pdf ini dibuat oleh Adobe System di tahun 1993, pdf merupakan salah satu jenis format file atau dokumen untuk convert dokumen secara digital.

Meskipun pada awalnya pdf digunakan untuk pertukaran (convert) dokumen digital, namun sekarang ini pdf juga lebih sering digunakan untuk presentasi dokumen 2D (dua dimensi).

Bahkan Adobe System Inc selaku pengembang juga kini sedang mengembangkan salah satu program yang bernama Acrobat 3D yang merupakan kemampuan pdf dalam pembacaan dokumen 3D (tiga dimensi).

Sejak bulan Juli 2018 lalu, pdf telah menjadi standar ISO 32000-1:2008.

Pengertian pdf ini sangatlah penting untuk diketahui sebelum kita ke pembahasan utama mengenai cara mengedit file pdf Microsoft Office Word ya.

Jadi, sesuai dengan pengertian mengenai pdf di atas, bahwa format pdf ini memang sudah sangat sering digunakan dalam bidang administrasi perkatoran dan lainnya.

Walaupun pada saat dirilis pdf ini kalah saing dengan Microsoft Office, namun sejak beberapa tahun lalu hingga kini pdf sudah membuktikan kehebatannya berkat fitur yang dapat memudahkan para penggunaanya dalam pengarsipan dokumen.

Untuk software yang bisa memformat pdf juga ada beragam antara lain Adobe Reader, Adobe Flash, Sumatra PDF, Foxit Reader, dan lain sebagainya.

Fungsi PDF

Sebelum Anda mengetahui tentang cara mengedit file pdf Microsoft Office Word, maka kita akan membahas terlebih dahulu tentang apa saja fungsi dari pdf ini.

Sebenarnya fungsi pdf sangatlah beragam yaitu untuk membuat serta menyimpan berbagai dokumen yang berisi link, gambar, dan teks dengan format khusus yang mana hanya dapat dibuka atau diakses oleh PC atau laptop dengan program khusus juga.

Portable Document Format merupakan singkatan dari pdf yang atinya satu dokumen dengan format khusus yang fleksibel sehingga bisa digunakan atau bisa support di PC atau laptop apapun.

Bisa diketahui bahwa format pdf ini pastinya berbeda dengan format doc pada Microsoft Office Word ya, karena pdf punya kecenderungan lebih fleksibel, dan lebih aman karena dapat dikunci.

Jika Anda menginginkan file yang sudah fix dan tampilannya juga menarik, maka file berformat pdf bisa menjadi pilihan yang tepat.

File pdf juga bisa dengan mudah dikirimkan melalui email karena memiliki ukuran yang cenderung kecil.

Baik keperluan secara umum atau khusus, sekarang ini file pdf sangat banyak digunakan.

Baca Juga : Cara Menyisipkan Keterangan (Caption) ke Gambar Microsoft Word

Cara Mengedit File PDF Microsoft Office Word

Jika dokumen dirasa sudah akurat maka Anda bisa menggunakan file berformat pdf ya.

Dengan demikian file pdf ini sebenarnya hanya didesain untuk dibaca atau dilihat saja, jadi bukan untuk pengeditan, lebih cocok digunakan untuk dokumen yang tidak mengalami perubahan lagi.

Secara teknisnya saja file pdf merupakan file gambar, sehingga untuk convert file menjadi teks maka dibutuhkan OCR (Optical Caracter Recognition) atau software khusus yang berbayar untuk file pdf seperti Adobe Acrobat Pro yang mana merupakan bagian dari Adobe Systems.

Perlu diketahui bahwa Microsoft Office Word 2010 hanya menyediapan fitur penyimpanan file ke format pdf ya, tapi untuk Microsoft Office Word 2013 sudah bisa melakukan pembukaan dan editing file format pdf ini.

Tentunya setiap versi Microsoft Office Word terbaru memiliki fitur yang lebih upgrade dibadingkan dengan versi sebelumnya, seperti Microsoft Office Word 2013 yang fiturnya lebih lengkap dibandingkan Microsoft Office Word 2010 ataupun Microsoft Office Word 2007.

Nah, bagi Anda yang penasaran mengenai cara mengedit file pdf Microsoft Office Word maka bisa menyimak pembahasan di bawah ini.

  1. Langkah pertama Anda harus dilakukan yaitu menjalankan aplikasi pengolah kata Microsoft Office Word 2013.
    Cara Mengedit File PDF Microsoft Office Word
  2. Klik tab File, kemudian klik Open.
  3. Di halaman Open yang terbuka, silakan klik Browse sehingga kotak dialog Open pun muncul.
  4. Kemudian masuk ke folder tempat file pdf berada, pilih file pdf mana yang akan Anda edit nantinya.
  5. Dokumen hasil konversi nantinya akan dioptimalkan sehingga dapat melakukan editing teks, perlu diingat bahwa file dari hasil konversi tidak 100% bisa sama terutama untuk file yang berisi banyak grafis.
  6. Klik OK sehingga bisa melanjutkan proses.
  7. Dokumen dari hasil konversi telah terbuka, kini Anda bisa melakukan editing.
  8. Langkah terakhir dalam cara mengedit file pdf Microsoft Office Word adalah jika proses editing sudah usai, simpan kembali dokumen dengan klik File, klik Save As, klik Browse sehingga kotak dialog Save As dapat terbuka.

Anda bisa menyimpan file tersebut dengan nama yang berbeda ya, ini dilakukan untuk mengantisipasi perubahan file aslinya.

Ada dua hal yang menjadi pertimbangan untuk Anda, jika file sudah fix dan tidak ada editing atau perubahan lagi maka simpanlah file dengan format pdf.

Namun jika nantinya file akan dilakukan editing, maka sebaiknya simpan dengan format docx (Microsoft Office Word).

Baca Juga : Tutorial 2 Cara Menjalankan Microsoft Word dalam Safe Mode

Kesimpulan

Demikian penjelasan mengenai apa itu file pdf, fungsi, dan juga cara mengedit file pdf Microsoft Office Word, semoga informasi ini bermanfat!

Tinggalkan komentar