Vantablack : Merupakan Warna Hitam Paling Pekat dan Gelap ?

Vantablack – Mejikuhibiniu (merah, jingga, kuning, hijau, nila, dan ungu) merupakan warna dasar yang sering kali kita jumpai, bahkan warna tersebut juga menjadi warna yang sering muncul di pelangi.

Bagaimana dengan warna lainnya? Jadi warna lain yang sering kita jumpai juga merupakan pencampuran dari warna dasar tersebut sehingga terciptalah wana baru di luar warna dasar.

Ada juga warna netral yaitu warna hitam dan warna putih, yang mana kedua warna ini sering dijadikan warna untuk material tertentu.

Kita mengenal hitam sebagai warna yang paling gelap di dunia, tapi benarkah demikian?

Ternyata ada warna paling gelap di dunia sudah berhasil diciptakan, namanya adalah vantablack.

Apakah Vantablack sama dengan Hitam Biasa?

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa hingga saat ini masih banyak orang yang beranggapan bahwa hitam merupakan warna yang paling gelap dan juga pekat di dunia.

Namun pada kenyataannya ada lho warna yang lebih gelap dan pekat jika dibandingkan dengan warna hitam, warna yang dimaksud adalah vantablack.

Vantablack untuk Pewarna Khusus

Sebenarnya vantablack merupakan suatu brand dari warna yang sangat gelap dan pekat.

Yang mana warna tersebut memang sengaja diciptakan oleh salah satu perusahaan teknologi yang berada di Inggris bernama Surrey NanoSystems sebagai pewarna khusus.

Vantablack pertama kali muncul pada tahun 2014 lalu, dan saat kemunculannya tersebut vantablack langsung jadi pembicaraan banyak orang dikarenakan daya serap cahayanya yang dapat menyerap 99,96 cahaya.

Warna ini memang dapat menyerap hampir 100 persen cahaya, jadi dapat kita simpulkan ya betapa gelapnya warna ini.

Pada awalnya memang warna vantablack dikembangkan secara khusus sebagai sistem kalibrasi benda hitam yang berada di bawah satelit.

Saking gelapnya warna vantablack, berbagai dimensi atau benda yang diwarnai dengan warna ini seperti terlihat tanpa bentuk, melainkan seperti siluet saja.

Sedangkan jika warna vantablack disandingkan dengan warna hitam, maka warna yang tercipta malah nampak seperti warna abu-abu.

Vantablack juga dijuluki dengan sebutan “black hole“, jadi bisa Anda bayangkan ya betapa gelapnya warna yang bisa menyerap hampir 100 persen cahaya ini.

Baca Juga : 10 Aplikasi Pemotong dan Penyambung Lagu Android

Diciptakan dari Zat Kimia Unik

Tentu warna vantablack tidak hanya begitu saja tercipta, karena dibutuhkan para ahli untuk bisa menciptakannya.

Jadi vantablack bisa menjadi warna yang sangat hitam dikarenakan adanya karbon nanotube dengan ukuran yang sangat kecil.

Untuk susunan dari karbon nanotube ini memang jaraknya sama, tidak terlalu berdekatan ataupun terlalu berjauhan, sehingga bisa dikatakan seperti adanya ruang kosong.

Hal inilah yang menyebabkan berbagai partikel cahaya dapat masuk pada ruang antar karbon nanotube, maka dari itulah cahaya seakan terperangkap di dalamnya.

Sedangkan untuk karbon nanotube sendiri terbuat dari zat kimia yang bernama katalis partikel yang dipisahkan dengan menggunakan gas, setelah itu dihasilkanlah vantablack.

Yang menariknya adalah katalis partikel ini dapat membuat kemunculan reaksi kimia yang sangat cepat, sehingga tak heran membuat vantablack bisa menjadi warna hitam yang sangat pekat dan gelap.

Digunakan untuk Lapisan Satelit dan Mobil

Vantablack : Merupakan Warna Hitam Paling Pekat dan Gelap

Penggunaan utama warna vantablack yaitu untuk mewarnai satelit luar angkasanya.

Yang di mana fungsinya untuk mencegah pantulan benda lain yang bisa saja mengganggu satelit luar angkasa tersebut.

Jadi nantinya cahaya yang berada di luar angkasa akan diserap oleh satelit yang telah diwarnai vantablack.

Tidak hanya satelit luar angkasa saja, vantablack juga digunakan untuk mewarnai mobil dan berbagai karya seni.

Pernah ada mobil Ferrari dan BMW X6 yang dilapisi dengan warna vantablack varian VBx2 dengan bentuknya sendiri spray.

Mobil yang dicat warna vantablack tersebut sama sekali tidak memantulkan cahaya, hal tersebut dikarenakan mobil seakan terlihat seperti kartun atau dua dimensi saja.

Namun sayangnya untuk mobil BMW X6 yang dilapisi warna vantablack ini tidak dijual secara bebas, dikarenakan produksinya yang sulit dan belum teruji keamanannya saat digunakan berkendara.

Kelebihan Warna Vantablack

Vantablack diciptakan tentunya untuk berbagai kegunaan, jadi berbeda dengan warna biasanya ya.

Ada berbagai kelebihan yang bisa didapatkan dari vantablack, yaitu dapat menyerap hampir 100 persen cahaya di berbagai sisinya, tidak memantulkan cahaya, anti lembab, benda apapun yang dilapisi dengan vantablack akan terlihat seperti dua dimensi meskipun lembab atau terkena air.

Selain itu, air juga tidak akan menempel di benda yang telah dilapisi oleh warna vantablack.

Warna ini juga tahan dari suhu tinggi atau panas, tahan getaran, dan tahan guncangan.

Ada Warna yang Lebih Gelap dari Vantablack

Vantablack : Merupakan Warna Hitam Paling Pekat dan Gelap

Karena bisa menyerap hampir 100 persen cahaya, vantablack banyak dianggap warna paling gelap dan hitam yang pernah ada ya.

Namun ternyata ada yang mengalahkan kepekatan dari warna vantablack, warna tersebut bernama Redemption of Vanity diciptakan oleh MIT (Massachusetts Institute of Technology) yang merupakan salah satu kampus terbaik di dunia.

Bahkan banyak yang mengatakan bahwa Redemption of Vanity kepekatan warnanya 10 kali lebih hitam dibandingkan vantablack, dan dapat menyerap cahaya sampai dengan 99.995 persen

Berbeda dengan vantablack yang diciptakan secara sengaja, Redemption of Vanity ternyata ditemukan secara tak sengaja.

Saat itu salah satu pencipta Redemption of Vanity, Kehang Cui sedang melakukan eksperimen dalam membuat coating atau lapisan yang berwarna gelap untuk meningkatkan sifat panas.

Setelah jadi, benda yang dilapisi oleh Kehang Cui memiliki warna yang sangat gelap dan berbagai tes pun dilakukan, hasilnya cahaya yang dapat diserap oleh warna ini benar-benar di atas vantablack.

Baca Juga : Paket Nelpon Murah Kartu As 2017

Kesimpulan

Baik itu vantablack ataupun Redemption of Vanity merupakan warna hitam paling pekat dan gelap yang berhasil ditemukan saat ini.

Kedua warna tersebut pastinya untuk kepentingan tertentu, salah satunya untuk satelit di luar angkasa.

Tinggalkan komentar